Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

CCTV buat Bukti Tilang, Sudah Siapkah?

Donny Apriliananda - Kamis, 5 Oktober 2017 | 08:05 WIB
CCTV dengan penegeras suara
CCTV dengan penegeras suara

Otomania.com - Keberadaan CCTV dengan pengeras suara sudah disosialisasikan Polda Metro Jaya di 14 titik di seputar wilayah DKI Jakarta. Diharapkan, CCTV ini bisa mengarah pada teguran secara langsung pada pengguna jalan raya dan sampai pada penindakan langsung.

Kendati demikian, Polda Metro Jaya mengakui untuk dapat sampai ke tahap penindakan atau penilangan, masih memerlukan waktu. Prosesnya pun harus dilakukan secara bertahap.

"Perlu proses, terutama untuk penegakan hukum yang bersifat represif non yustisial (teguran). Begitu CCTV sudah valid semua langsung dapat dilaksanakan," ucap AKBP Budiyanto, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas PMJ, Selasa (3/10/2017).

Persiapan yang dilakukan agar CCTV dengan pengeras suara dapat digunakan dalam pengawasan lalu lintas antara lain, CCTV perlu dikalibrasi untuk memastikan validitasnya. Selain itu tidak menutup adanya persiapan khusus bagi sumber daya manusia atau petugas kepolisian.

Kordinasi dengan bagian CJS (Criminal Justice System) atau sistem peradilan Pidana untuk memaksimalkan hasil. Selain itu perlu dibuat Standar Operating Procedure (SOP) khusus untuk pelaksanaannya.

Di sisi lain persiapan juga diberlakukan pada data kendaraan bermotor mulai dari surat-surat dan nomor sesuai dengan kepemilikan. Terakhir perlu adanya tahapan mulai dari sosialisasi, uji coba dan penerapan secara efektif.

"Dari 14 lokasi tersebut, satu titik yang sudah ada pengeras suaranya di jalan Thamrin simpang Kebon Sirih. Harapannya memang penegakan hukum dengan blanko teguran dapat segera dilaksanakan (represif non yustisial)," ucap Budiyanto.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa