Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ban Lebar Fino Kena Pengaruh Scoopy?

Donny Apriliananda - Rabu, 4 Oktober 2017 | 16:44 WIB
Yamaha Fino dengan ban tapak lebar
KompasOtomotif
Yamaha Fino dengan ban tapak lebar

Jakarta, OtomaniaYamaha Fino baru diremajakan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Ubahan paling signifikan adalah penggunaan ban tubeless dengan tapak lebar.

Ban Fino kini berukuran 80/80-14 di bagian depan, dan 100/70-14 di belakang. Jadi meski tetap dengan 14 inci, tapi lebarnya bertambah. Kena pengaruh Scoopy? Yamaha menampik.

M Abidin, GM Aftersales & Public Relations YIMM, mengatakan bahwa ini adalah langkah Yamaha mejawab kebutuhan pasar.

"Kita lakukan improvement karena pasarnya demikian. Perlu diingat itu bukan hanya tapak lebar, tapi kami gunakan ban bertipe tubeless yang sama-sama kita tahu lebih nyaman digunakan," ucap Abidin, dilansir KompasOtomotif, Selasa (3/10/2017).

Sebelum Fino, Astra Honda Motor (AHM) sudah lebih dulu mengubah kaki-kaki Scoopy menjadi lebar. Skutik retro Honda mengubah bawaan pelek, dari diameter 14 inci menjadi 12 inci dengan balutan ban tapak lebar.

Kondisi ini menimbulkan spekulasi perubahan Fino mengikuti jejak Scoopy. Namun, tentu saja dibantah oleh Abidin. "Tidak lah, masing-masing punya segmen sendiri. Perubaan kaki-kaki dengan tapak lebih lebar karena memang ada kebutuhan sudah arah ke sana," kata Abidin.

Menurut Abidin, mengingat market utama Fino kaum wanita, maka Yamaha memberikan kemudan dengan ban tubeless. Selain itu, penggunaan tapak lebar juga berdampak pada kenyamanan yang memudahkan kaum hawa mengendarai skutik retro tersebut.

"Berangkat dari hal itu kita coba kasih solusi melalui improvement ini (kaki-kaki) jadi bukan karena si A ganti lalu kita ikutan ganti," kata Abidin.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa