Mulai beredar, Aki Motor yang Bisa "Starter" mobil

Febri Ardani Saragih - Senin, 2 Oktober 2017 | 12:23 WIB
Aki motor bisa digunakan untuk menyalakan mesin mobil.
Febri Ardani/Otomania.com
Aki motor bisa digunakan untuk menyalakan mesin mobil.

Jakarta, Otomania.com – Di tengah persaingan industri aki sepeda motor, kini mulai banyak produsen yang mengedarkan produk dengan kemampuan bisa menyalakan mobil. Salah satunya PT GS Gold Shine Battery.

Salah satu produknya, Maxima, diklaim bisa bukan hanya bisa dilakukan sekali tapi berkali-kali. Bahkan, Sales Supervisor GS Gold Shine Battery Topan Eka Putra, yang ditemui di Bursa Sepeda Motor di Jakarta, Sabtu (23/9/2017), mengatakan, aki Maxima bisa menyalakan mesin mobil puluhan kali tanpa diisi ulang.

Dari uraian Topan, kemampuan aki motor sanggup menyalakan mesin mobil dihitung dari nilai CCA CCA (Cold Cranking Amperes). Satuan itu menandakan aki telah diuji ketahanan bisa mengeluarkan energi buat menyalakan mesin motor saat suhu dingin.

“Bisa menyalakan mobil kenapa? Karena angka CCA-nya tinggi. Itu yang membuat daya hantarnya lebih cepat untuk starter,” ujar Topan.

Spesifikasi aki motor buat menyalakan mesin mobil, CCA (Cold Cranking Amps)
Febri Ardani/Otomania.com
Spesifikasi aki motor buat menyalakan mesin mobil, CCA (Cold Cranking Amps)

Selain itu, lanjut Topan, aki Maxima punya sel yang dibentuk spiral. Tiap pelat berbahan timah yang membentuk sel dibentuk dengan cara digulung, berbeda dari sel aki lain yang didesain lempengan.

Baca: Bisakah Aki Motor Buat Menyalakan Mobil?

“Semua aki motor ada yang bisa dan tidak menyalakan mobil. Tapi kalaupun ada pasti langsung drop sekali nyala. Kalau yang ini bisa sampai 25 kali ke atas,” kata Topan. 

Editor : Azwar Ferdian
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA