Biar Aki Motor Menyalakan Mobil Butuh CCA, Apa itu?

Febri Ardani Saragih - Senin, 2 Oktober 2017 | 16:25 WIB
Spesifikasi aki motor buat menyalakan mesin mobil, CCA (Cold Cranking Amps)
Febri Ardani/Otomania.com
Spesifikasi aki motor buat menyalakan mesin mobil, CCA (Cold Cranking Amps)

Jakarta, Otomania.com – Setiap motor starter pada kendaraan membutuhkan energi yang besar agar mulai bekerja menyalakan mesin. Energi itu disuplai oleh aki atau baterai.

Biasanya, mengukur kemampuan aki ditentukan oleh satuan Ah (ampere hour) dengan tegangan rata-rata 12 volt. Ah merujuk pada kapasitas energi yang tersimpan di dalam aki.

Namun ada lagi satuan yang tidak terlalu populer di Indonesia yaitu CCA (Cold Cranking Amperes). Satuan ini menunjukan kemampuan baterai menyalakan mesin saat suhunya dingin, bahkan sampai di bawah 0°.

“Semakin tinggi rating CCA, semakin besar daya awal baterai. Catatannya, di Indonesia masyarakatnya lebih familiar dengan istilah Ah,” ujar Sarwono Edhi, Technical Service Training Development Astra Honda Motor, Rabu (27/9/2017).

Baca: Bisakah Aki Motor Buat Menyalakan Mobil?

Aki motor bisa digunakan untuk menyalakan mesin mobil.
Febri Ardani/Otomania.com
Aki motor bisa digunakan untuk menyalakan mesin mobil.

Selain buat menyalakan mesin saat dingin, CCA juga menentukan hal lain, yaitu kemampuannya menyalakan motor starter lebih besar. Misalnya, aki motor dengan CCA tinggi bisa dipakai menyalakan mesin mobil.

“Di pasaran ada aki motor yang bisa dan tidak menyalakan mesin mobil. Kalaupun ada yang bisa, paling hanya sekali tapi habis itu drop. Kalau CCA-nya tinggi bisa dipakai sampai berkali-kali,” ucap Topan Eka Putra, Sales Supervisor PT GS Gold Shine Battery di Bursa Sepeda Motor, Jakarta, Sabtu (23/9/2017). 

Perusahaan itu salah satu yang mengedarkan produk aftermarket di pasaran dengan angka CCA. Produk-produk GS Gold Shine Battery diklaim bisa menyalakan mesin mobil, bahkan sampai lebih 25 kali pemakaian. 

Editor : Azwar Ferdian
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA