Musim Hujan Tiba, Rawat Karet Pintu Mobil

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 1 Oktober 2017 | 14:35 WIB
Kerusakan karet mobil bisa diatasi dengan rajin merawat karet
Setyo Adi/Otomania
Kerusakan karet mobil bisa diatasi dengan rajin merawat karet

Jakarta, Otomania.com - Beragam persiapan dilakukan pemilik mobil saat memasuki musim hujan. Salah satunya adalah melakukan pengecekan pada bagian-bagian mobil yang menggunakan bahan karet, seperti pada lis pintu atau bagian lain.

"Kadang baru terasa ada masalah saat musim hujan. Tiba-tiba air merembes deras ke kabin," ucap Husein dari bengkel karet NJ 35 Motor, Duren Sawit saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Husein, kerusakan pada karet-karet di mobil karena usia. Namun penyebab terbesar adalah karena cara penyimpanan mobil yang tidak tepat.

"Mobil yang gemar berdiam di tempat yang terkena sinar matahari langsung lebih cepat usia karetnya karena karet lebih cepat getas," ucap Husein.

Baca : Ciri Karet Wiper Mobil yang Harus Diganti

Untuk memperpanjang umur, bagian karet pada mobil dapat diberi cairan silikon. Ini akan membuat elastisitas karet dan kemampuan mencegah masuknya air lebih terjaga.

Harga penggantian karet pada mobil jenis Avanza dipatok sekitar Rp 75 ribu untuk satu bagian pintu. Untuk model Innova yang lebih besar dibanderol Rp 125 ribu untuk bagian yang sama.

Editor : Azwar Ferdian
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA