Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rossi Jelaskan Perbedaan Karakter R1 dan M1

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 23 September 2017 | 10:42 WIB
Pebalap Valentino Rossi di GP Austria 2017
MotoGP
Pebalap Valentino Rossi di GP Austria 2017

Jakarta, Otomania.com - Selang 22 hari setelah kakinya patah, pebalap Yamaha, Valentino Rossi kembali berlaga di GP Aragon. Ini dimulai dari sesi latihan bebas pertama dan kedua yang ia ikuti, Jumat (22/9/2017), dalam kondisi trek basah setelah hujan.

Pada latihan pertama pebalap Italia tersebut berhasil menyelesaikan delapan putaran yang menempatkan dirinya di posisi ke 18. Pada latihan kedua ia berhasil menyelesaikan 13 putaran dan berada di tempat 20 .

"Saya cukup puas berada di atas motor. Saya merasa cukup baik dan tidak terlalu merasakan sakit. Berada di trek basah secara fisik lebih mudah dibanding di trek kering. Meski memang lebih berbahaya, karena sangat mudah membuat kesalahan dan terjatuh," ungkap Rossi seperti dikutip Crash.net.

Rossi berharap dapat mencoba motor M1 dalam kondisi kering karena saat latihan di Misano menggunakan Yamaha R1, dalam kondisi sama. Ketika itu ia merasakan tangan dan lengannya lebih bekerja keras saat pengereman karena kondisi kakinya tidak memungkinkan membantu memperlambat laju motor.

Baca : FP1 GP Aragon, Rossi Tercecer di Posisi 18

Pebalap legendaris itu menjelaskan, saat kondisi kering pergerakan tubuh di atas sepeda motor dilakukan dari satu sisi ke sisi lain. Termasuk saat merebah di tikungan, badan sedikit di luar sepeda motor.

"Namun R1 dan M1 memiliki karakter berbeda. Menggunakan R1 seperti menggunakan M1 di lintasan basah. Saat menggunakan M1 di atas kondisi kering, saya harus selalu memposisikan badan berada sedikit di luar sepeda motor. Ini yang saya harapkan dapat dirasakan di lintasan kering," ucap Rossi.

Rossi juga mengungkapkan, tim mekaniknya membuat ubahan khusus pada bagian footstep. Tim Yamaha membuat posisi pijakan kakinya lebih rendah dari posisi normal untuk memudahkannya mengangkat kaki.

Hasil latihan bebas kedua, Dani Pedrosa dari Repsol Honda mencatatkan waktu tercepat. Disusul pebalap Ducati Jorge Lorenzo serta Johann Zarco dari Monster Yamaha Tech3. Marc Marquez yang mencatatkan diri sebagai yang tercepat di latihan bebas pertama turun ke peringkat empat. Rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales mencatatkan diri di tempat ke 17.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa