Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jasa Marga Minta Sediakan 1,5 Juta Kartu E-Money

Aditya Maulana - Selasa, 19 September 2017 | 07:58 WIB
Ilustrasi
KONTAN/BAIHAKI HAKIM
Ilustrasi

Jakarta, Otomania.com - Seluruh mobil yang menggunakan jalan Tol mulai 31 Oktober 2017, sudah tidak diperbolehkan melakukan transaksi pembayaran tunai. Berdasarkan peraturan pemerintah, bahwa semua dilakukan menggunakan uang elektronik (e-money).

Mulai bulan ini beberapa ruas jalan bebas hambatan, termasuk yang dikelola PT Jasa Marga (persero) Tbk, sudah memberlakukan transksi non-tunai. Sampai akhir bulan depan diharapkan sudah bisa 100 persen menggunakan kartu elektronik (e-toll).

Kurang lebih sekitar satu bulan, Jasa Marga meminta kepada pihak bank yang terkait untuk menyediakan kartu elektronik lebih banyak lagi. Tujuan utama, apabila sudah mulai 100 persen diterapkan, semua pengguna mobil sudah punya e-toll.

Menurut Subakti Syukur, Direktor Operasional II Jasa Marga, keseluruhan membutuhkan 1,5 juta kartu dan 385 alat pembaca (reader).

Baca juga: Mekanisme Bayar Tol Pakai OBU

"Kita hitung berdasarkan volume kendaraan yang masuk setiap hari. Pengguna e-money untuk Jasa Marga nasional baru 36 persen, berdasarkan jumlah itu jadi kurang lebih sebanyak itu," kata Subakti saat ditemui Otomania.com di kantornya belum lama ini.

Bank yang bekerjasama, lanjut Subakti seperti Mandiri dan lain sebagainya sudah berkomitmen untuk menyediakan bahkan menjual lebih banyak lagi. Namun, semuanya dilakukan secara bertahap dan diharapkan sampai 31 Oktober 2017 sudah 100 persen.

"Jadi kami harapkan kepada setiap bank yang terkait untuk mempercepat penjualannya," ucap Subakti.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa