Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

“Keyless” GSX-R 150 Diklaim Aman Intervensi Gelombang Radio

Febri Ardani Saragih - Rabu, 13 September 2017 | 10:45 WIB
Knob putar pada rumah kunci (main switch) merupakan anak kunci yang dipakai untuk membuka tangki bahan bakar dan jok boncenger.
Suzuki Indomobil Sales (SIS)
Knob putar pada rumah kunci (main switch) merupakan anak kunci yang dipakai untuk membuka tangki bahan bakar dan jok boncenger.

Jakarta, Otomania.com – Sistem keyless pada Suzuki GSX-R 150 diklaim tetap berfungsi baik di daerah-daerah yang diselimuti gelombang radio atau frekuensi sinyal. Pernyataan itu dikeluarkan pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang sudah melakukan pengujian internal.

Pada sistem kunci kendaraan berbasis gelombang radio, gangguan bisa saja dialami jika berada di daerah yang punya pemancar lebih kuat. Efeknya, kunci remote jadi lumpuh alias tidak bisa membuka pintu pada mobil atau menyalakan mesin.

Remote Keyless Ignition
dok. SIS

“Saya jamin, di rel kereta, di sutet, atau di kawasan militer, kami sudah coba, semua berfungsi normal dari intervensi gelombang (radio). Jadi aman,” kata Service Training Section Head Suzuki Indomobil Sales (SIS) Josep Agus Antony, Selasa (12/9/2017).

Menurut Josep, sistem keyless GSX-R 150 bisa dikatakan mirip sistem immobilizer atau juga tidak.

“Apakah ini immobilizer? Bisa iya bisa tidak. Ini barang baru, mungkin ada definisi immobilizer yang masuk tapi juga tidak. Namun, di scan tool kami masuk dalam immobilizer,” kata Josep.

Baca: Penjelasan Sistem Keyless Suzuki GSX-R 150

Suzuki GSX-R 150 dan GSX-R 125. Ada yang bisa membedakannya?
Suzuki
Suzuki GSX-R 150 dan GSX-R 125. Ada yang bisa membedakannya?

Ada tiga komponen penting pada sistem keyless GSX-R 150, yaitu Electronic Control Module (ECM), Controller, dan kunci remote. Bila salah satu tidak tersinkronisasi maka mesin tidak bisa dinyalakan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa