Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banyak Begal, Pastikan Motor DIkunci Ganda

Aditya Maulana - Minggu, 10 September 2017 | 08:35 WIB
Kasat Reskrim Polres OKI memeriksa barang bukti kejahatan tersangka Jeklin berupa dua buah sepeda motor. Jeklin ditangkao bersama seorang penadah hasil kejahatannya dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya
KOMPAS.com/AMRIZA NURSATRIA
Kasat Reskrim Polres OKI memeriksa barang bukti kejahatan tersangka Jeklin berupa dua buah sepeda motor. Jeklin ditangkao bersama seorang penadah hasil kejahatannya dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya

Jakarta, Otomania.com - Video viral di media sosial, yaitu tentang rekaman CCTV yang menayangkan aksi begal sepeda motor di komplek ruko Permata Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat (8/9/2017). Aksi pencurian itu gagal setelah kepergok oleh satpam.

Pencuri itu langsung kabur, tetapi sambil mengarahkan tembakan ke arah satpam. Untungnya, tidak ada yang kena tembak dan motor gagal diambil.

Melihat kejadian itu, sebaiknya para pengguna motor melengkapi kunci ganda ketika parkir di tempat mana pun. Bahkan, menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), diimbangi dengan teknologi informasi.

"Sekarang ini banyak perangkat yang menyediakan untuk keamanan sepeda motor. Jadi selain kunci ganda dilengkapi juga dengan alat seperti itu," kata Edo saat dihubungi Otomania.com, Sabtu (9/9/2017).

Baca juga: Dishub Mau Sosialisasi ke ATPM Soal Wajib Punya Garasi

Perangkat keamanan seperti itu, lanjut Edo sudah banyak dijual bebas. Bahkan, perlindungannya cukup maksimal, karena punya fitur mematikan mesin, apabila motor dicuri.

"Kalau seperti ini bisa lebih aman, jadi kita bisa matikan mesin motor kapan pun. Otomatis kalau seperti itu motor tidak bisa dibawa kecuali diangkut," ujar Edo.

Jadi, buat pemilik motor tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih untuk membeli kunci ganda atau memasang perangkat keamanan. Sebab, aksi begal sekarang cukup mengerikan, yaitu sambil membawa senjata api.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa