Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Pameran Otomotif, Pasar Mobil Bekas Berantakan

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 30 Agustus 2017 | 09:25 WIB
Mobkas
Stanly/Otomania
Mobkas

Jakarta, Otomania.comPasar mobil bekas seputar Jakarta bulan ini banyak dipengaruhi beragam peristiwa. Salah satunya adalah kegiatan pameran otomoif GIIAS 2017 yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Ini diungkapkan beberapa pedagang mobil bekas di sekitar Jakarta Timur saat Otomania sambangi beberapa waktu lalu. Menurut mereka berlangsungnya pameran selama 10 hari tersebut mempengaruhi kegiatan penjualan mereka.

“Biasanya memang seperti itu, orang banyak cari promo mobil baru di pameran. Bulan ini baru tujuh unit saya jualan, tiap tahun Agustus seperti ini,” ucap Riki dari Nusa Indah Motor, Duren Sawit beberapa waktu lalu.

Kondisi diperkirakan akan kembali normal pada pertengahan bulan September, Oktober dan November. Kondisi akan kembali turun pada akhir tahun.

Namun, pengaruh pameran otomotif tidak begitu besar jika dibandingkan dengan peristiwa yang berlangsung bersamaan di Agustus ini. Salah satunya adalah Lebaran Idul Adha.

“Orang menahan untuk belanja kendaraan. Selain pameran memang sekarang berbarengan dengan waktu habis masuk anak sekolah dan kuliah serta ada Idul Adha. Dana akan tersedot pada kegiatan tersebut,” ucap Arias dari ARS Autocar, Raden Inten di waktu yang sama.

Menurut para penjual mobkas, kondisi ini menjadi siklus tahunan. Bila di persentasekan, pameran otomotif hanya memiliki pengaruh 40 persen untuk penurunan pasar. Sisanya waktu sekolah anak dan Idul Adha.

Para penjual mobil bekas berharap kondisi penjualan akan kembali menanjak setelah waktu pengurusan anak sekolah berakhir. Mereka juga mengandalkan penawaran dari pihak leasing dengan bunga peminjaman rendah untuk proses kredit kepada konsumen.

"Mobil bekas sekarang kuatnya di situ. Memang konsumen mencari pembeda dari mobil baru, salah satunya dengan beragam kemudahan kepemilikan ini," ujar Nasser dari Kitra Motor, Duren Sawit.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa