Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Baru Banjir Diskon, Mobil Seken Kena Imbas

Febri Ardani Saragih - Rabu, 30 Agustus 2017 | 12:34 WIB
Diler mobkas di MGK
Stanly/Otomania
Diler mobkas di MGK

Jakarta, Otomania.com – Sudah umum diketahui, setiap kali pameran otomotif internasional digelar, bisnis mobil bekas (mobkas) langsung meredup. Kendalanya buat pebisnis mobkas, berebut konsumen dengan para diler yang menjual mobil baru di pameran.

“Berpengaruh, karena di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) kan mobil baru semua. Sudah begitu yang dikeluarkan murah-murah,” kata pebisnis mobkas Wawan Hendrawan dari Custom Mobil di Mall MGK Kemayoran, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Harga mobil baru bisa lebih murah karena diskon besar yang diberikan para diler di pameran buat menggoda konsumen. Hal itu bisa menggeser minat konsumen potensial mobkas jadi membeli mobil baru.

Wawan juga menyoroti dampak lain dari banyaknya model baru yang ditawarkan di pameran, yaitu membuat sirkulasi mobkas seret. Misalnya, kata dia, model-model laris seperti Avanza dan Ertiga jadi lebih lama nongkrong sebagai mobil display di gerai mobkas.

Setiap tahun, pebisnis mobkas dihadapi dua pameran otomotif besar. Selain GIIAS yang digelar Agustus ada juga Indonesia International Motor Show (IIMS) yang rutin diselenggarakan pada Apri. Satu momen yang bisa membantu bisnis mobkas adalah Lebaran. 

Herjanto Kosasih, Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua, mengatakan, segmen mobkas yang kena dampak utama dari diskon besar mobil baru yaitu produksi muda 2016 - 2017. Harga mobkas semuda jadi itu bersaing dengan mobil baru.

"Otomatis kan beda harga mobil baru dengan mobkas itu enggak banyak. Tapi banyak juga konsumen yang mau buru-buru, ya akhirnya mobkas dibeli juga," ucap Herjanto. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa