Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota: Lebih Mudah Edukasi Hibrida Ketimbang Listrik

Febri Ardani Saragih - Minggu, 27 Agustus 2017 | 16:05 WIB
Toyota C-HR produksi Jepang dengan mesin 1.8L hibrida, diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.
Febri Ardani/Otomania.com
Toyota C-HR produksi Jepang dengan mesin 1.8L hibrida, diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Jakarta, Otomania.com – Ada banyak pengembangan teknologi otomotif global, lalu mana yang cocok buat Indonesia? Menurut Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) paling sesuai untuk saat ini adalah hibrida.

Alasannya, seperti diungkapkan, Bob Azam, Direktur Administrasi PT TMMIN, Jumat (19/8/2017), hibrida tidak membutuhkan infrastuktur seperti teknologi mobil listrik. Infrastruktur yang dimaksud misalnya pembangunan stasiun pengisian energi baterai.

“Kami bilang hibrida itu karena tidak membutuhkan infrastruktur seperti listrik, sehingga lebih mudah mengedukasi konsumen. Listrik itu sama saja dengan gas,” kata Bob.

Hibrida dirasa lebih mudah diadaptasi konsumen sebab pemakaiannya tidak jauh beda dengan mobil bermesin konvensional. Konsumen tetap perlu mengisi bahan bakar untuk mesin konvensional.

Toyota Prius generasi keempat meluncur di Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017.
Febri Ardani/Otomania.com
Toyota Prius generasi keempat meluncur di Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017.
Sementara itu penggunaan mobil listrik dikatakan membuat kebiasaan konsumen berubah. Misalnya, konsumen tidak lagi mencari stasiun pengisian bahan bakar tetapi listrik. Selain itu, konsumen juga harus paham mengisi baterai sampai penuh membutuhkan waktu sampai berjam-jam.

Di berbagai negara yang otomotifnya sudah maju, hibrida memang hanya digunakan sebagai peralihan. Tujuan akhirnya menuju era mobil listrik atau hidrogen. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa