Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Wacana Listrik, Mobil CNG Semakin Tenggelam

Febri Ardani Saragih - Minggu, 27 Agustus 2017 | 11:01 WIB
Prototipe Toyota Limo CNG
Febri Ardani
Prototipe Toyota Limo CNG

Jakarta, Otomania.com – Sebelum mobil listrik atau hibrida menggema belakangan ini, wacana yang sempat booming adalah pengembangan mobil berbahan bakar gas alam terkompresi (CNG). Salah satu produsen yang ikut mengembangkannya yaitu Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

TMMIN pernah memperkenalkan prototipe sedan Limo/Vios yang dibekali converter kit hingga menjadi model bi-fuel, artinya bisa meneguk bensin dan gas alam terkompresi (CNG). Riset pasar dan tes internal sudah dilakukan, tetapi sejak 2014 diketahui proyek itu dihentikan sementara karena pemerintah juga tidak melanjutkan program konversi energi ke gas.

“Kita kan tergantung pasar, kalau ada ya kami jual. Pertanyaannya kenapa pasarnya tidak ada,” ujar Bob Azam, Direktur Administrasi PT TMMIN, Jumat (19/8/2017).

Prototipe Toyota Limo CNG
Febri Ardani
Prototipe Toyota Limo CNG
Ada beberapa kendala terkait edukasi mobil CNG kepada masyarakat, yaitu posisi tabung gas di kabin atau bagasi dianggap mengganggu fungsionalitas dan pra sangka jelek tabung gas bisa meledak seketika. Di luar itu ada masalah juga terkait infrastruktur seperti stasiun pengisian CNG.

Sasaran besar converter kit CNG adalah sektor bisnis transportasi seperti taksi. Harga CNG lebih rendah dari bahan bakar fosil serta pemakaian lebih irit dikira bisa jadi pertimbangan pengusaha taksi mentransformasi unit kerjanya menggunakan converter kit CNG.

“Jangan tanya sama kami, tapi tanya perusahaan taksi, angkutan umum, dan transportasi umum. Di negara lain bisa,” ujar Bob.

Bob berharap kebijakan baru terkait mobil listrik yang sedang digagas pemerintah lebih baik ketimbang wacana gas. “Mudah-mudahan listrik lebih lancar daripada gas,” kata Bob. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa