Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alasan Honda Pilih Mesin SOHC untuk CRF150

Aditya Maulana - Rabu, 23 Agustus 2017 | 08:45 WIB
Sosok motor trail yang ditengarai 150 cc sebagai tanda kehadiran CRF150 di Indonesia.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Sosok motor trail yang ditengarai 150 cc sebagai tanda kehadiran CRF150 di Indonesia.

Jakarta, Otomania.com - Prototipe sepeda motor trail 150 cc Honda sudah dipamerkan di ajang GIIAS 2017. Kemunculannya itu sebagai tanda bawa Astra Honda Motor (AHM) sudah siap menjualnya tahun ini.

Sumber Otomania.com mengatakan, proses peluncuran CRF150 dilakukan tahun ini, dan menariknya lagi diproduksi di dalam negeri. Bicara mengenai mesin, sudah dipastikan menggunakan model SOHC ketimbang DOHC.

Sarwono Edhi, Technical Service Training Development AHM menjelaskan, faktor utama mengenai beban dari mesin itu sendiri. SOHC jelas lebih ringan ketimbang DOHC, dan sangat cocok digunakan di trail 150.

"Lain dengan CRF250 yang secara fungsi juga untuk rally, jadi tidak masalah menggunakan DOHC," kata pria yang akrab disapa Edhi saat berbincang dengan Otomania.com di ICE, BSD, Tangerang, pekan lalu.

Trail 150, lanjut Edhi harus menggunakan mesin yang ringan, apalagi fungsinya di jalur off road. Penempatan tipe jantung pacu SOHC dan DOHC pun jelas memiliki perbedaan.

"DOHC itu memiliki beberapa komponen lagi sehingga sudah pasti lebih berat ketimbang SOHC. Secara detailnya cukup panjang jika dijelaskan," ujar Edhi.

Edhi menegaskan, dengan melihat faktor itu maka bobot mesin pada trail 150 harus dibuat ringan. "Jadi kami buat seringan mungkin, dan peluncurannya kapan kita usahakan secepatnya," kata dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa