Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cairan Ban Anti-Bocor Tidak Bekerja Maksimal, Ini Sebabnya

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 18 Juli 2017 | 15:35 WIB
IML Super Tyre Sealent (cairan penambal ban) untuk mobil (kiri) dan buat sepeda motor.
Febri Ardani/KompasOtomotif
IML Super Tyre Sealent (cairan penambal ban) untuk mobil (kiri) dan buat sepeda motor.

Jakarta, Otomania.com – Produk cairan penambal ban atau tire sealant saat ini sudah banyak ditemui di pasaran. Produk ini jadi solusi bagi pemilik mobil dan motor yang khawatir dengan ranjau paku atau masalah ban kempes di jalan.

Produk inovatif ini sayangnya kerap tidak bekerja maksimal akibat ketidak tahuan pemilik kendaraan. Ini dijelaskan Jordan H, Sales Manager PT Tetsan-Maju Bersama, produsen cairan IML beberapa waktu lalu.

“Cairan ini tidak bisa menambal sobek pada ban atau lubang berukuran besar. Selain itu tekanan udara yang tidak standar juga membuat produk ini tidak bekerja maksimal,” ucap Jordan.

Biasanya setelah ban terkena paku lalu dicabut, udara di dalam ban akan berkurang meski setelah itu ditutup oleh carian sealant. Masalah timbul karena pemilik kemudian tidak mengembalikan tekanan ban ke ukuran standar sebelum terkena paku.

“Ban kurang tekanan itu tidak dianjurkan. Oleh karena itu baiknya ditambah lagi sesuai standar pabrikan agar perfoma ban juga maksimal,” ucap Jordan.

Selain itu ketika hendak mencabut paku dari ban, usahakan arahkan ke bawah. Ini agar cairan sealant segera menutup lubang tanpa mengurangi banyak tekanan udara pada ban.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa