Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Manfaat "Oil Treatment" pada Pelumas Sepeda Motor

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 27 Juli 2015 | 14:57 WIB

Jakarta, Otomania - Penggunaan oil treatment (produk yang bisa dicampurkan pada oli mesin untuk menambah kualitas) ternyata memiliki manfaat yang belum banyak diketahui orang, Salah fungsinya, adalah menambah kekentalan pada oli dan dapat meredam gesekan pada mesin. Sehingga mesin sepeda motor tidak cepat mengalami panas.

Hal tersebut disampaikan Handoko pemilik bengkel Kukashimura yang berlokasi di Jalan Palmerah Barat, saat dikunjungi Otomania, akhir pekan lalu. "Produk seperti ini hanya berapa saja yang menggunakannya, biasanya anak-anak club motor yang mengerti bagaimana trik-trik perawatan motor," ujar Handoko.

Selanjutnya, seperti pada tulisan Laporan Penelitian Indartono yang terdapat di Indonesian Science and Technology Digital Library milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan, dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan, oil treatment yang dicampur dengan minyak pelumas mampu meningkatkan sedikit kualitas.

Kualitas di sini yaitu berupa peningkatan kekentalan, khususnya pada suhu operasi mesin di bawah 70 derajat celcius. Pada suhu di  70 derajat celcus kekentalan miyak pelumas relatif sama, baik yang sudah dicampur dengan oil treatment maupun murni.

Pengujian dilakukan dengan mencari perbandingan antara minyak pelumas murni (bahan yang digunakan Mesran B40) yang digunakan pada mesin dengan yang sudah dicampur dengan oil treatment dari beberapa merek, seperti Jumbo, STP, Omega, Top One, Silicon, Pen Rya, Preston dan Supra. Bahan uji tersebut dioperasikan pada motor selama 30 jam dengan putaran 3.000 rpm. Pelumas yang telah menjalani tes tersebut diukur kekentalannya pada suhu 40°C, 55°C, 70°C, 85°C dan 100°C dengan alat Viscometer Oswold.

Indartono menambahkan berdasarkan hasil penelitian, bahwa bagi pemakai oil treatment sebaiknya dalam memilih produk tersebut tidak terpengaruh oleh harga. Pasalnya, harga yang mahal ternyata tidak menjamin kualitas yang baik.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa