Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Hasil Uji Coba 4 Jenis Oktan BBM

Aris F Harvenda - Senin, 29 Mei 2017 | 11:30 WIB
Otomania.com - Detail pengujian komparasi 4 jenis oktan BBM
Anggara Kusuma
Otomania.com - Detail pengujian komparasi 4 jenis oktan BBM

Jakarta, Otomania.com - Setelah melakukan serentetan pengujian dengan parameter sederhana, akhirnya awak redaksi mendapatkan hasil. Diakui hasil tersebut tidak jauh dari prediksi awal bahwa ada korelasi antara rasio kompresi BBM.

Jika dilihat dari hasil uji coba keempat jenis BBM dapat digarisbawahi bahwa penggunaan BBM dengan oktan tinggi bisa membuat pembakaran lebih sempurna. Efeknya penggunaan bensin bisa lebih irit. Terlebih lagi saat ini rasio kompresi mobil-mobil baru tergolong cukup tinggi rata-rata di atas 10 : 1.

Otomania.com - Hasil uji coba 4 jenis oktan BBM
Anggara Kusuma
Otomania.com - Hasil uji coba 4 jenis oktan BBM

Pengujian dilakukan menggunakan Datsun Go+ Panca. Setiap mobil diisi 2 orang dengan bobot total 170 kg. Penyejuk kabin (AC) diaktifkan pada level 1. Metode berkendara yang dilakukan adalah eco drive. Pengujian dilakukan di waktu dan rute bersamaan agar berimbang.

Setiap mobil dibekali 3 liter bensin. Datsun Go+ Panca dibawa sejauh mungkin dengan bekal BBM yang dimilikinya. Hasilnya, Pertamax Turbo dengan RON 98 menjadi bahan bakar paling irit.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa