Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mungkinkah Mesin Mobil Euro II Diubah Jadi Euro IV?

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 4 April 2017 | 13:25 WIB
Uji emisi yang diadakan pemerintah kota Jakarta Utara
Otomania/Setyo Adi
Uji emisi yang diadakan pemerintah kota Jakarta Utara

Jakarta, Otomania.com – Pemerintah Indonesia secara resmi telah memberlakukan peraturan standar emisi untuk kendaraan menjadi Euro IV. Standar baru ini akan berlaku untuk kendaraan mesin bensin di September 2018, sementara untuk mesin diesel akan berlaku empat tahun lagi.

Lantas apakah mobil dengan standar emisi Euro II dapat diubah menjadi kendaraan Euro IV? Menurut Dadi Hendradi, GM Technical Service Toyota Astra Motor (TAM), hal ini tidak memungkinkan karena beberapa sebab.

“Pertama, menjadi standar Euro IV bukan satu dua ubahan saja dilakukan pabrikan. Hampir seluruhnya. Kedua, kalaupun bisa tentu akan terbentur masalah biaya,” ucap Dadi saat dihubungi Selasa, (4/4/2017).

Pabrikan dalam memenuhi standar emisi melakukan riset menyeluruh. Misalnya mengubah teknolgi timing injeksi, desain silinder head, katalitik konverter serta teknologi lain. Membuat standar emisi tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pengguna mobil Euro II tidak perlu khawatir dengan nasib mereka di kemudian hari. Standar Euro IV yang membutuhkan bahan bakar berkualitas justru bisa digunakan pengguna mesin Euro II untuk mesin kendaraan mereka.

“Tidak akan ada masalah kalau bahan bakar berkualitas Euro IV dipakai di Euro II. Berbeda kalau Euro IV pakai bahan bakar Euro II, itu akan berpengaruh pada beberapa bagian,” ucap Dadi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa