Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini 4 Tipe Mesin "Hybrid" pada Mobil

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 5 Maret 2017 | 11:20 WIB
Toyota Corolla Hybrid yang dijual khusus di pasar China.
Indianautosblog
Toyota Corolla Hybrid yang dijual khusus di pasar China.

Jakarta, Otomania.com – Teknologi mesin hibrida (hybrid) pada kendaraan modern saat ini sudah berkembang pesat. Dari beragam teknologi hibrida tersebut, akhirnya dimanfaatkan produsen otomotif untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan kondisi lingkungan.

“Teknologi hybrid dimana gabungan dua sumber tenaga bisa diaplikasikan pada kendaraan dengan beragam cara. Saat ini bisa digolongkan empat tipe teknologi hybrid yang digunakan dalam kendaraan,” ucap Tommy Hermansyah, Product Knowledge PT Toyota Astra Motor (TAM) saat ditemui beberapa waktu lalu.

Tipe pertama adalah mild hybrid. Disini motor listrik tidak berfungsi untuk menggerakkan kendaraan. Motor listrik hanya membantu mensuplai sedikit tenaga untuk membantu mesin konvensional.

Tipe kedua adalah full hybrid. Rangkaian teknologi hibrida bekerja secara otomomatik sesuai kondisi jalan yang dilalui. Mode hibrida yang beroperasi bisa mode seri, pararel atau elektrik penuh.

Baca : Yuk Kenali Ragam Teknologi "Hybrid" Pada Mobil

“Biasanya motor listriknya masih disuplai oleh tenaga mesin konvensional. Kerjanya bisa bergantian antara motor listrik dan mesin konvensional,” ucap Tommy.

Toyota Le Mans 2013
motorsportretro
Toyota Le Mans 2013

Tipe ketiga adalah plug in hybrid. Kendaraan ini menggunakan gabungan teknologi mesin listrik dan konvensional dengan catatan, baterai mesin listrik bisa diisi daya dari perangkat di luar kendaraan.

“Cirinya ada colokan untuk isi daya dengan listrik. Bisa dilakukan di rumah atau stasiun pengisian tenaga yang disediakan,” ucap Tommy.

Tipe keempat adalah sport hybrid. Ini adalah pengembangan teknologi hibrida untuk dunia balap seperti Le Mans atau seri balap dunia lain. Tidak hanya mengejar irit bahan bakar tapi juga peningkatan tenaga mesin dan motor listrik.

“Mobil Toyota Hybrid System (THS) di Le Mans bisa menghasilkan tenaga 500 dk dari motor listrik dan 500 dk dari mesin 2.4 L. Total 1.000 dk ini dimasukkan dalam baterai lithium ion berkapasitas besar,” ucap Tommy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa