Beli Yamaha RX-King Bakalan Mujur Kalau Mesinnya Ada Kode Ini, Simak Tips Bengkel Spesialis

Harun Rasyid,Wisnu Andebar - Kamis, 2 Maret 2023 | 17:00 WIB

Ilustrasi tips beli Yamaha RX-King bekas. Perhatikan seri blok mesinnya. (Harun Rasyid,Wisnu Andebar - )

 

Otomania.com - Jika sobat berencana memboyong Yamaha RX-King bekas, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan terutama bagian mesinnya.

Apalagi Yamaha RX-King bekas memiliki banderol yang relatif tinggi khususnya untuk kondisi unit yang antik hingga full orisinal.

Tapi tidak menutup kemungkinan, ada Yamaha RX-King bekas dengan kondisi siap pakai yang siap dipakai tanpa banyak perbaikan.

Nah salah satu kuncinya yakni sobat perlu teliti saat mengecek mesin Yamaha RX-King di bagian blok silindernya yang memilki berbagai macam seri atau kode.

Menurut Bajay, Owner bengkel spesialis RX-King Bajay Motor di Cileungsi, Bogor, Yamaha RX-King dengan kode seri tertentu dianggap lebih banyak dincar para penggemarnya.

"Perhatikan blok silinder, dilihat serinya, kalau yang tahun tua (1990-an) itu seri Y-1 sampai Y-4 paling banyak dicari tapi sudah langka," bukanya saat ditemui di bengkelnya bberapa waktu lalu.

Bajay menyebut, blok silinder seri Y sudah terkenal memiliki kualitas yang lebih unggul karena masih dibuat di Jepang.

GridOto.com
Blok mesin Yamaha RX-King seri Y-1 sampai Y-4 jadi incaran. Harga sudah melambung sampai puluhan juta rupiah.

Sehingga untuk durability dan perfromanya diklaim lebih baik dari seri lainnya semisal YP yang diproduksi Yamaha di dalam negeri.

"Kualitasnya beda dengan seri YP yang kebanyakan sekarang," sebut Bajay.

Baca Juga: Bukan Ninja, Ini Dia Motor Kawasaki Musuh Yamaha RX-King Cobra, Fitur Paling Canggih di Masanya

Lebih lanjut, blok mesin RX-King seri Y kabarnya juga dapat di-oversize sampai OS 200 atau 2 mm, sedangkan blok dengan seri YP biasanya hanya dapat oversize OS 100 atau 1 mm.

Bagi yang belum tahu, oversize merupakan langkah pembesaran liner di blok silinder dari ukuran standarnya yang masih OS 0. Hal ini diikuti dengan penggantian seher mesin motor 2-tak legendaris tersebut.

GridOto.com
Ilustrasi liner silinder di blok Yamaha RX-King yang belum baret

Oversize biasanya dikerjakan oleh bengkel bubut dan dilakukan karena seher dan dinding di dalam liner silinder sudah rusak, baret maupun termakan usia.

Kembali ke soal blok Yamaha RX-King, berbagai lalasan tersebut membuat blok seri Y memilki harga yang tinggi di pasaran dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Bajay lalu menyarankan, calon pemilik 'Motor Jambret' sebaiknya ikuti memerhatikan berbagai komponen penting lainnya.

"Seperti soknya sudah bocor apa belum, semua sektor kaki-kaki juga diperhatikan," ucapnya.

Kemudian sobat juga perlu tes langung RX-King incarannya secara langsung di jalan untuk merasakan dan memastikan kondisi mesin, kaki-kaki dan rangka dalam keadaan baik.

"Tapi saran saya sih ajak yang sudah mengerti mesin, jadi supaya ketahuan penyakitnya," tutup Bajay.