Selain Posisikan Tuas di P, Perlukah Tarik Rem Tangan saat Parkir Mobil Matic?

Dwi Wahyu R.,Parwata - Selasa, 24 Januari 2023 | 21:00 WIB

Tarik tuas rem tangan saat parkir mobil matic (Foto Ilustrasi) (Dwi Wahyu R.,Parwata - )

Otomania.com- Muncul pertanyaan, saat parkir mobil matic apakah cukup taruh tuas di posisi P atau perlu juga tarik rem tangan?

Saat parkir mobil matic tuas transmisi berada di posisi P, terkait apakah juga harus menarik rem tangan.

Menurut Hermas Efendi Prabowo, selaku pakar transmisi otomatis, yang benar adalah saat parkir mobil matic itu rem parkir mesti diaktifkan juga.

"Ketika mobil matik parkir sebaiknya rem parkir juga digunakan, jangan cuma tuas ditaruh di P saja," ujarnya.

Menurut pemilik bengkel spesialis transmisi matik Worner Matic ini, saat tuas transmisi otomatis di posisi P ada "cantolan" atau "pengait" (bahasa teknisnya Parking Pawl) yang bekerja.

Pengait tersebut akan mengunci output shaft transmisi otomatis.

"Pawl ini akan nyantol di sela-sela gigi tambahan di output shaft sehingga membuat mobil matik tidak dapat bergerak," jelasnya.

Pawl ini yang akan menahan atau mencegah output shaft berputar selama mobil matik parkir, terang yang pria yang bengkelnya ada di Bintaro, Bekasi, Depok, dan Semarang ini.

Baca Juga: Sering Jadi Perdebatan, Transmisi Mobil Matic Tetap di D atau Pindah ke N Saat Berhenti di Lampu Merah?

"Kalau rem parkir tidak dipakai, maka pawl ini akan menanggung beban yang berat, apalagi kalau mobil matik diparkir di jalan yang menurun atau menanjak," angkapnya (22/6/2022).

Masih menurut dia, kalau hal tersebut menjadi kebiasaan atau sering dilakukan, maka lama-kelamaan parking pawl bisa aus atau rusak.

"Selain itu, kalau parkir cuma di P saja tanpa ditambah rem parkir, biasanya saat tuas digeser dari P ke D atau R akan terasa berat karena masih ada beban berat yang ditahan," bebernya.

Karena hal tersenut saat parkir mobil matic mesti ditambah dengan menarik tuas rem parkir, atau rem tangan.

Sebab, rem parkir yang mengunci roda mobil agar tidak bergerak akan membantu mengurangi beban kerja dari pawl.

Nah, jadi itu alasannya kenapa saat parkir mobil matic selain memposisikan tuas di P, harus dibarengi dengan menarik rem tanagan.