Cara Pindah Gigi dari D ke R saat Parkir Mobil Matic yang Aman, Hentakan Bisa Hilang

Naufal Nur Aziz Effendi - Minggu, 22 Januari 2023 | 19:25 WIB

cara pindah gigi dari D ke R yang aman tanpa keluar hentakan saat memarkirkan mobil matic. (Naufal Nur Aziz Effendi - )

Otomania.com - Ketika mau memarkirkan mobil matic, ada kalanya pengemudi harus memindahkan gigi dari D ke R saat hendak mundur, begini cara amannya.

Perpindahan gigi dari D ke R ditakutkan beberapa pengemudi mobil matic karena tidak jarang bakalan muncul hentakan keras atau suara jedug.

Nah, hentakan keras tersebut diyakini bisa jadi penyebab kerusakan transmisi karena perpindahan giginya sangat kasar.

Namun jika pengemudi sudah tahu cara memindahkan gigi dari D ke R atau P dengan halus, enggak perlu takut lagi bakal muncul hentakan dari mesin.

Kalau sobat Otomania mau tahu cara memindahkan gigi dari D ke R secara halus dan aman, bisa simak penjelasan Kepala Bengkel Nasmoco Gombel Semarang Mohammad Syafruddin berikut ini.

Menurut Syafruddin, supaya perpindahakn gigi bisa halus, caranya dengan menahan beberapa saat posisi tuas di gigi N yang diimbangi dengan rem tangan.

"Transmisi diberikan semacam jeda waktu istirahat sejenak. Setelah rem tangan ditarik dan mobil dipastikan berhenti total, tuas transmisi bisa digeser ke 'N' dahulu," kata Syafruddin, Minggu (10/12/2022).

"Bunyi 'jedug' ketika parkir adalah bukti adanya benturan keras pawl locking yang dipaksa memindahkan gigi transmisi," lanjutnya.

Perpindahan gigi dari D ke N terdapat pembatas yang berfungsi menghindari gigi transmisi loncat.

Baca Juga: Sering Jadi Perdebatan, Transmisi Mobil Matic Tetap di D atau Pindah ke N Saat Berhenti di Lampu Merah?

Karena dalam posisi tersebut pawl locking sedang aktif menahan beban berat dari torsi mesin.

"Jika dipaksakan untuk pindah posisi langsung ke 'R' (mundur) kemungkinan kerusakan serius komponen transmisi matik bisa lebih besar," jelas Syafruddin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Parkir Mobil Matik, Jangan Asal Langsung Pindah ke R