Usai Digunakan KTT G20 di Bali, Dua Unit Mobil Lisrik Hyundai Patwal Dihibahkan ke Polresta Solo

Parwata - Selasa, 29 November 2022 | 09:00 WIB

Mobil listrik Patwal bekas penggunaan KTT G20 Bali yang dihibahkan Korlantas Polri untuk Polresta Solo. (Parwata - )

Otomania.com - Usai Digunakan KTT G20 di Bali, Dua Unit Mobil Lisrik Hyundai Patwal Dihibahkan ke Polresta Solo.

Sebanyak dua unit mobil listrik Patroli pengawalan atau Patwal yang sebelumnya digunakan dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua Bali beberapa waktu lalu, dihibahkan untuk Polresta Solo.

Dijelaskan oleh Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, kedua mobil listrik dari pabrikan Hyundai tersebut alokasi langsung dari Korlantas Mabes Polri.

Dok. Polresta Solo
Mobil listrik Patwal yang dihibahkan Korlantas Polri untuk Polresta Solo.

"Sementara mobil dari Korlantas setelah kegiatan G20 kemarin, salah satu yang dapat alokasi adalah Polresta (Solo) tapi secara existing (keberadaan) kita belum bisa gunakan," kata Kombes Pol Iwan Saktiadim saat dikonfirmasi Senin (28/11/2022).

Mantan Dirlantas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut, saat ini mobil listrik tersebut masih dilakukan uji coba untuk memastikan kondisi mobil, terutama kondisi mesin dan jarak yang ditempuh.

"Memastikan kondisi mobilnya, kita harus ngukur ini dengan baterai full itu kalau rute datar berapa, kalau rute naik turun berapa dengan baterai full. Kalau kecepatan rata-rata berapa, kecepatan tinggi berapa, ini masih kita uji coba," jelasnya.

Kombes Pol Iwan Saktiadim juga menjelaskan, pihaknya saat ini telah mempersiapkan sejumlah personel untuk pengemudi kendaraan listrik tersebut. Hal itu karena, pengemudi mobil patwal harus terlatih.

"Nah untuk mengukur itu, kita siapkan yang sudah terlatih membawa mobil listrik karena kaitannya mobil listrik ini kan maintenance-nya kemudian nanti kita siapkan dulu," ungkapnya.

Pertimbangan tersebut. lanjut Kombes Pol Iwan Saktiadim yang dimungkinkan akan memerlukan waktu agar bisa bertugas secara penuh.

Baca Juga: Menarik Nih, Wuling Air ev Bekas KTT G20 Mulai Dijual, Masih Kaya Baru Diskon Belasan Juta!

Serta ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Solo, masih minim.

"Sementara kita belum berani gunakan untuk wall, kita masih uji coba, untuk mengetahui spesifikasinya karena kan baru dua tempat chargernya (SPKLU), tapi bakal penambahan lagi di Hotel Alila, charge untuk pengunjung juga buat persiapan KTT ASEAN di Solo," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Polresta Solo Dapat Hibah Mobil Patwal Listrik dari Korlantas Polri, Sebelumnya di KTT G20 di Bali,