Ternyata Inilah Part Penyebab Rem Mobil Macet, Harus Sering Dicek

Parwata - Rabu, 9 Agustus 2023 | 10:55 WIB

Penyebab rem mobil macet. (Parwata - )

Otomania.com - Wajib tahu, ini part yang jadi penyebab rem mobil macet.

Seperti halnya bagian mesin, rem mobil juga perlu dilakukan perawatan.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya masalah pada rem mobil.

Salah satu masalah yang bisa timbul adalah fungsi rem mobil mengalami macet.

Melansir dari Kompas.com, masalah tersebut bisa dikerenakan beberapa hal, seperti tekanan minyak rem berkurang, kampas yang menipis, dan adanya komponen yang malfungsi sehingga mengunci.

Rem terkunci bisa menandakan terjadinya kerusakan. Pertama lantaran faktor karat menumpuk di permukaan disc brake, atau salah satu komponen mekanis seperti kaliper yang bermasalah.

"Kaliper rem macet jadi biang kerok disc brake cepat panas. Terdapat piston yang berguna mengatur ritme kerja tekanan kampas rem namun tak bisa kembali ke posisi semula. Mekanisme gerakkan tersangkut karena karat atau kotoran yang menumpuk," kata Aji Arfendy, mekanik Nasmoco Majapahit Semarang kepada Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Kondisi tersebut cukup berbahaya karena rem bisa mengeras. Imbasnya akan berpengaruh pada jarak pengereman dan mobil yang sulit dikendalikan.

Selain itu, seal piston rem juga berpeluang pecah karena dipaksa mendorong kaliper rem untuk menekan kampas.

Bila minyak rem bocor, kerusakan serius sangat besar terjadi. Karena master rem sebagai pusat pengendalian seluruhnya kerap overheat.

"Master rem bisa kena juga, oli rem berkurang, kadang-kadang malah kosong. Rem bekerja karena tekanan minyak stabil. Akibatnya, saat di injak rem jadi keras," pungkas dia.

Baca Juga: Jangan Panik Ada Bunyi Srek.. srek.. Saat Mobil Jalan, Cek Komponen Ini, Segera Bersihkan Sebelum Rusak