Tips Lolos Ujian Praktik SIM C, Test Motor Pakai Gigi 2, Kata Polisi

Dok Grid - Jumat, 19 April 2024 | 14:39 WIB

Ilustrasi ujian praktik pembuatan SIM C (Dok Grid - )

Otomania.com - Cara gampang lolos ujian praktik SIM C, pemohon tinggal bawa motor pakai gigi 2, Polisi ungkap fakta.

Untuk mendapatkan SIM C pengguna motor harus memenuhi syarat dan lulus ujian praktik maupun teori.

Di ujian pratik SIM C, pemohon diminta untuk melewati salah satu tahap yakni mengendarai motor di lintasan khusus. Yakni mencakup lintasan lurus untuk tes pengereman, kemudian lintasan angka 8, dan juga zig-zag.

Pada ujian praktik lintasan lurus, sebagian besar pemohon SIM C biasanya lulus dengan mudah. Namun begitu, untuk lintasan berbentuk angka 8 dan juga zig-zag banyak pemohon SIM C yang gagal.

Jika ingin lulus tahapan ujian praktik, konon pemohon SIM C bisa menggunakan motor manual dengan posisi gigi dua. Sebab, jika posisi transmisi pada gigi satu tarikannya terlalu spontan yang nantinya dapat mengganggu keseimbangan dan konsentrasi.

Lantas, benarkah munculnya anggapan tersebut? Berikut penjelasan Kanit Regident Polres Metro Bekasi AKP Robby Hefados.

Baca Juga: Biaya Perpanjangan SIM A dan SIM C, Bisa Sampai Ratusan Ribu Rupiah

"Tidak benar itu, sebenarnya tergantung si pengemudinya mau berapa pun gigi yang digunakan jika mampu melalui area uji praktik dengan baik dan benar pasti lulus," kata AKP Robby, (9/11/2022).

Hal yang senanda juga disampaikan oleh Kasubnit SIM Ipda Shandy. "Tidak mesti, tergantung nyamannya saja seperti apa," ucapnya.

Tips Lolos Ujian Praktik SIM C

Apabila sering gagal dan tak kunjung mendapatkan SIM C hanya gara-gara lintasan tadi, coba tips di bawah ini:

1. Jangan sungkan bertanya

Saat petugas menjelaskan, usahakan perhatikan dan jangan malu bertanya. Sebab, dengan bertanya ternyata bisa akan mengurangi keraguan saat kita ujian praktek dan mencairkan suasana.

2. Tentukan motor

Tips yang kedua adalah pilih motor sesuai dengan keinginan. Sebab ini akan berhubungan pada teknik mengemudi, makaya usahakan pilih jenis motor yang sudah familiar.

3. Latihan sebentar

Sebelum melakukan ujian praktik, mintalah izin berputar-putar (bisa di jalur uji praktek) sebentar untuk menyesuaikan kendaraan sekaligus pemanasan. Sebab kondisi kendaraan yang disediakan umumnya akan berbeda dengan kendaraan yang ada di rumah.

Baca Juga: Ternyata SIM yang Mati Tidak Akan Kena Tilang, Begini Kata Polisi