Pemilik Motor Cerdas Tahu, Ini Penyebab Volume Oli Mesin Motor Berkurang Terlalu Banyak

Isal,Parwata - Kamis, 6 Oktober 2022 | 09:00 WIB

Ilustrasi volume oli motor yang berkurang banyak. ini penyebabnya (Isal,Parwata - )

Otomania.com - Pemilik Motor Cerdas Tahu, Ini Penyebab Volume Oli Mesin Motor Berkurang Terlalu Banyak.

Volume oli mesin motor berkurang ketika motor digunakan itu sebenarnya wajar terjadi, karena hal tersebut menandakan kalau oli mesin tersebut bekerja.

Namun, jika volume oli mesin motor berkurang terlalu banyak berarti ada masalah.

"Salah satu penyebab berkurangnya volume oli mesin dalam jumlah banyak adalah panas mesin yang berlebih," ucap Jemi Manager Lubricants Sales & Marketing PT Nippon Oil Indonesia, pemegang merk oli Eneos di Indonesia beberapa waktu lalu (09/22).

"Suhu panas yang berlebih ini bisa berasal dari cuaca maupun suhu panas yang dihasilkan oleh mesin motor itu sendiri," bebernya.

Selain itu, volume oli mesin yang berkurang terlalu banyak ini juga bisa disebabkan oleh kondisi mesin yang sudah tidak sehat.

"Berkurangnya volume oli mesin yang terlampau banyak juga bisa disebabkan oleh kondisi part mesin yang sudah aus," ungkap Jemi.

"Misal ring piston, liner pada blok silinder serta sil-sil yang sudah aus pasti bikin oli lebih banyak berkurang," tutur pria yang berkantor di MidPlaza 2, Jalan Jendral Sudirman Kav.10-11, Jakarta ini.

Karena aus atau lemahnya ring piston dan liner pada blok silinder membuat oli mesin lebih mudah masuk ke ruang bakar sehingga volume oli mesin berkurang banyak.

Baca Juga: Filter Oli Motor Matic Cukup Dibersihkan, Tapi Kalau Kondisi Begini Perlu Diganti