Awas Jangan Nekat! Injak Rem Mobil Matic Pakai Kaki Kiri Bisa Mengundang Petaka, Ini Cara Ngerem Yang Benar

Parwata - Sabtu, 1 Oktober 2022 | 07:20 WIB

Ilustrasi mengoperasikan pedal rem dan gas mobil matic dengan satu kaki. (Parwata - )

Otomania.com - Rupanya Karena Alasan Ini, Kenapa Nyetir Mobil Matic Hanya Boleh Gunakan Satu Kaki

Alasan pengoperasian pedal gas dan rem yang ada di mobil matic hanya boleh menggunakan kaki kanan, ternyata berkaitan erat dengan unsur keselamatan dalam berkendara.

Hal ini dijelaskan oleh Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), ia mengatakan menginjak rem dengan kaki kiri pada mobil matic bisa jadi petaka.

"Bahaya, risikonya adalah hard brake akibat tekanan pedal rem mendadak. Mobil belakang tidak sigap dan akhirnya tabrakan beruntun tidak terhindarkan," ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (30/9/2022).

Saat ditanyakan tentang kebiasaan pengemudi zaman sekarang yang sering menggunakan teknik dua kaki mengemudi mobil matic di jalan macet, Sony menyebut, hal itu sia-sia dan tidak bermanfaat, yang ada malah merugikan.

Meski telah terbiasa dan adaptasinya bagus, kerugian yang dialami pemilik mobil berkaitan dengan usia pakai komponen seperti rem dan transmisi matik.

"Sekali lagi saya tekankan, itu bahaya. Adaptasinya bagus sih oke, tapi apakah faktor risiko kerusakan komponen sudah terpikir?," kata Sony.

"Rem pasti otomatis terbebani, termasuk transmisi kerjanya bisa dibilang mirip stop di lampu merah tetap di posisi gigi D," imbuhnya.

Sementara itu, terkait hal tersebut, Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan.

Baca Juga: Ingat! Mobil Matic Pakai Knalpot Racing Malah Jadi Loyo, Mekanik Mobil Balap Beberkan Alasannya

Kebiasaan menginjak rem mobil matic dengan kaki kiri berisiko buruk terhadap komponen utama transmisi seperti kopling.

"Usia kopling bisa jadi lebih singkat, sebab putaran transmisi dalam girboks tertahan. Tenaga mesin tidak tersalurkan sementara komponen mekanis seperti kopling dan planetary gear sudah bekerja," ujar Andika Herda Permana.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Nyetir Mobil Matik Tak Boleh Pakai 2 Kaki? ",