Alasan Penting Pengguna Mobil Matic Harus Injak Rem Sebelum Geser Tuas Transmisi, Kalau Tidak Dilakukan Bisa Bahaya

Parwata,Radityo Herdianto,Ferdian - Rabu, 21 Juni 2023 | 12:16 WIB

Ilustrasi menggeser posisi tuas transmisi mobil matic dengan menginjak pedal rem. (Parwata,Radityo Herdianto,Ferdian - )

Otomania.com - Alasan penting pengguna mobil matic harus injak rem sebelum geser tuas transmisi, kalau tidak dilakukan bisa bahaya.

Sebelum memindahkan posisi transmisi mobil matic saat hendak jalan pengemudi diharuskan menginjak terlebih dahulu remnya.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic.

Hermas menyarankan untuk menginjak pedal rem dulu sebelum menggeser tuas transmisi mobil matic, terutama posisi dari diam ke bergerak seperti N ke D atau P ke R.

Selain itu juga gerak yang berlawanan dari D ke R melalui N.

"Dengan menahan posisi mobil dari pengereman, kerja mekanikal girboks masih ketahan sebelum bergerak dari diam," jelas Hermas yang bengkelnya di Bintaro, Tangerang Selatan

Sebab, jika tuas digeser tanpa menginjak pedal rem maka akan terjadi hentakan pada mekanikal girboks.

Hal tersebut disebabkan dari torque converter dan clutch set yang masih bergerak bebas, langsung mendapatkan beban torsi untuk bergerak.

"Dari posisi maju ingin mundur juga kalau tidak injak pedal rem, ada gerak berlawanan terhadap mekanikal girboks," bebernya.

Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi Injak Pedal Rem Mobil Matik

Baca Juga: 7 Penyebab Transmisi Mobil Matic Jebol, Nomor 6 Sering Dianggap Sepele

"Disitu akan terjadi hantaman dari gerak mekanikal yang langsung berlawanan dan memicu beban stress pada girboks," lanjur Hermas.

Karenanya, pastikan saat mobil matic bergerak maju atau mundur tahan dulu dengan menginjak pedal rem sebelum menggeser tuas transmisinya.