Harga Pertalite Turun di Beberapa Daerah Imbas Jadi Bahan Bakar Khusus Penugasan, Cek Lokasinya Siapa Tahu di Tempat Anda

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 4 April 2022 | 11:00 WIB

menjadi Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP), harga Pertalite turun di beberapa daerah, cek lokasinya. (foto ilustrasi) (Naufal Nur Aziz Effendi - )

Otomania.com - Harga Pertalite turun di beberapa daerah imbas jadi Bahan Bakar Khusus Penugasan, cek lokasinya siapa tahu di tempat Anda.

Sejak 1 April 2022, Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax resmi dinaikkan harganya menjadi Rp 12.500 per liter.

Sementara Pertamax naik, di hari yang sama harga Pertalite di semua daerah Indonesia diseragamkan menjadi Rp 7.659 per liter.

Penurunan harga ini tak lepas dari keputusan pemerintah menjadikan Pertalite sebagai BBM bersubsidi.

Pemerintah menetapkan jenis bensin RON 90 dengan nama dagang Pertalite menjadi Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) menggantikan bensin RON 88 atau Premium.

"Bensin RON 90 ditetapkan sebagai JBKP berdasarkan Kepmen ESDM Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tanggal 10 Maret 2022 tentang JBKP," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji, Selasa (29/3).

Berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022, wilayah penugasan penyediaan dan pendistribusian JBKP meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Harga jual eceran JBKP untuk jenis bensin RON 90 di titik serah, pemerintah menetapkan sebesar Rp 7.650 per liter, sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB).

Baca Juga: Siap-siap Nangis, Muncul Kode Harga Pertalite Akan Dinaikkan, Menko Marves Bocorkan Waktunya

Sebelumnya, di daerah ini harga Pertalite Rp 7.850 per liter:

Sementara di daerah ini sebelumnya harga Pertalite Rp 8.000 per liter:

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Harga Pertalite Turun di Daerah Ini, Cek Harga BBM Pertamina Terbaru per April 2022