Kaum Nyinyir Minggir, MGPA Tegaskan Jatuhnya Pembalap di Sirkuit Mandalika Bukan Karena Aspal

Parwata,Naufal Shafly - Senin, 21 Maret 2022 | 10:00 WIB

Kaum nyinyir minggir, MGPA tegaskan jatuhnya pembalap di Sirkuit Mandalika bukan karena aspal (Parwata,Naufal Shafly - )

Otomania.com - Kaum nyinyir minggir, MGPA tegaskan jatuhnya pembalap di Sirkuit Mandalika bukan karena aspal.

Rangkaian MotoGP Indonesia 2022 di sirkuit Mandalika yang berlangsung mulai 18-20 Maret 2022 telah selesai.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi sorotan, salah satunya adalah banyak pembalap yang mengalami kecelakaan sejak dimulainya latihan bebas MotoGP Indonesia 2022.

Salah satunya seperti yang dialami Marc Marquez, rider Repsol Honda Team itu jatuh selama sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga crash parah saat sesi Warm Up. 

Terkait dengan hal tersebut, dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menegaskan, jatuhnya beberapa pembalap bukanlah karena kesalahan dari aspal ataupun sirkuit Mandalika.

“FIM telah memberikan homologasi grade A untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk pagelaran Mandalika Grand Prix of Indonesia,” ujar Priandhi Satria, CEO MGPA saat ditemui media, Sabtu (20/3/2022).

"Adanya pebalap yang jatuh dan menyebabkan kebakaran, ini bukan error lintasan," tuturnya.

Menurutnya, hal ini juga sudah dievaluasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM/Federasi Olahraga Motor Internasional).

“Hari ini (20/3/2022), saya berbicara dengan Mike Webb (Race Director MotoGP) tidak ada hubungannya semua yang terjadi hari ini dengan homologasi yang telah diberikan," tukas Andhi.

MotoGP
Motor Alex Rins terbakar di FP4 MotoGP Indonesia 2022

Baca Juga: Daya Cengkram Aspal Sirkuit Mandalika Jadi Sorotan, Begini Pengakuan Joan Mir

Andhi juga mengatakan, pihaknya telah melakukan perbaikan aspal yang rusak atau terkelupas akibat beberapa pembalap yang jatuh.

"Sudah dirapihkan, itu rusak bukan karena kualitas aspalnya tapi memang terkelupas karena pembalap yang jatuh," pungkasnya.