Ketemu Lubang di Jalan Tol Lebih Baik Dihindari atau Ditrabas Sekalian? Pakar Safety Berikan Solusinya

Muhammad Mavellyno Vedhitya,Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 14 Januari 2022 | 11:00 WIB

Ketemu lubang di jalan tol lebih baik dihindari atau ditrabas sekalian? Pakar safety berikan solusinya (foto ilustrasi) (Muhammad Mavellyno Vedhitya,Naufal Nur Aziz Effendi - )

Otomania.com - Ketemu lubang di jalan tol lebih baik dihindari atau ditrabas sekalian? Pakar safety berikan solusinya.

Saat melakukan perjalanan menggunakan mobil, tidak jarang kita memilih melintasi jalan tol dengan bisa sampai ke tujuan lebih cepat.

Namun perlu dicatat, beberapa ruas jalan tol di Indonesia masih ada yang bergelombang bahkan berlubang.

Tentunya hal tersebut berbahaya bagi kendaraan yang melintas karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Mungkin di beberapa kesempatan, pengemudi bisa menghindari lubang-lubang tersebut.

Tapi tidak jarang pula karena kondisi di jalan tol, pegemudi terpaksa menerabas lubang tersebut yang berisiko membuat ban meletus dan pelek peang.

Jika hal tersebut sampai terjadi, bisa sangat merepotkan dan tentu malah menambah waktu perjalanan untuk mengatasi hal ini.

Untuk itu, Jusri Pulubuhu selaku Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, ada cara preventif untuk menghindari lubang yakni memiliki pandangan yang jauh ke depan.

"Kita harus punya visibilitas yang jauh ke depan, dan itu bukan hanya melihat, namun memahami apa yang terlihat," ujar Jusri kepada GridOto.com, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Banyak Lubang sampai Bikin Ban Pecah, Kondisi Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Dapat Kritikan Pedas dari Sosok Ini