Bukan Cuma Suzuki, Ducati Juga Raih Juara Dunia 2020, Jack Miller Jadi Kuncian!

Didit Abdillah - Senin, 23 November 2020 | 09:01 WIB

Jack Miller (Didit Abdillah - )

Otomania.com - Menutup balap MotoGP musim 2020, Ducati juga meraih gelar juara dunia MotoGP 2020. 

Yup, bukan cuma Suzuki yang meraih gelar juara dunia kategori pembalap dan tim yang diraih oleh Joan Mir dan Team Suzuki Ecstar.

Tapi Ducati juga akhirnya kebagian juara dunia MotoGP 2020 untuk kategori konstruktor.

Pada MotoGP Portugal akhir pekan lalu (22/11), juara dunia konstruktor diperebutkan antara Suzuki dan Ducati yang sama-sama punya 201 point sebelum menuju sirkuit Portimao. 

Namun selepas balapan, Ducati resmi ditahbiskan sebagai juara dunia konstruktor MotoGP 2020 usai Jack Miller (Pramac Racing) meraih podium kedua MotoGP Portugal. 

Jack Miller memang berperan besar dalam membawa Ducati menjuarai kategori konstruktor di MotoGP 2020. 

Baca Juga: Tim Satelit Pecundangi Tim Pabrikan di Podium, Hasil Balap Lengkap MotoGP Portugal 2020

Pembalap asal Australia itu meraih 4 podium sepanjang musim ini dan beberapa kali berduel untuk kemenangan, meski belum meraih hasil tersebut. 

"Setidaknya saya menutup musim terakhir saya dengan Pramac Racing di tiga tahun terakhir dengan baik," ujar Jack Miller. 

"Terimakasih kepada Paolo Ciabatti, kepada Francesco Guidotti (Manajer Pramac Racing) dalam tiga tahun terakhir, sampai jumpa di paddock yang berbeda," imbuhnya. 

Tahun depan Jack Miller akan bergabung dengan tim pabrikan, bersama Francesco Bagnaia yang juga meninggalkan Pramac Racing. 

Ducati Team melakukan perpisahan dengan Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci yang sama-sama memberikan satu kemenangan bagi Ducati musim ini. 

Meski tak sebanyak Jack Miller, keduanya layak diberikan apresiasi dalam membawa Ducati kembali menjadi juara dunia konstruktor yang terakhir kali diraih tahun 2007. 

Kala itu Casey Stoner sedang sulit dikalahkan dan juga jadi juara dunia pembalap.