Wow! Bengkel Body Repair Mobil Ini Berani Kasih Garansi Lebih Lama Dari Authorized Dealer Milik Pabrikan

Parwata - Jumat, 31 Januari 2020 | 11:00 WIB

Proses body repair mobil di bengkel Jasmin Motor (Parwata - )

Otomania.com - Jasmin Motor, tidak hanya bengkel perbaikan spesialis Nissan saja, melainkan juga melayani body Repair.

Tidak hanya Nissan saja, pelayanan untuk perbaikan bodi tersebut juga berlaku untuk semua merek mobil.

Seperti disampaikan oleh Sarjono selaku Owner Jasmin Motor, Kamis (30/1/2020).

"Untuk body repair, semua merek kami bisa layani mulai dari Jepang, Korea sampai Eropa kami terima, tapi untuk restorasi bodi mobil-mobil tua kami enggak bisa layani," ujar Sarjono, dikutip dari GridOto.com.

"Segala jenis kerusakan bodi mulai dari ringan, medium sampai heavy kami mampu kerjakan. Tapi untuk tingkat kerusakan heavy atau berat kami batasi karena pengerjaannya lama dan keterbatasan tempat," jelasnya lagi.

Baca Juga: Bengkel Body Repair Ungkap Rahasia Perbedaan Material Bodi Mobil Eropa dan Amerika, Jepang Paling Tipis?

Sarjono mengungkapkan, untuk lama waktu pengerjaan body repair bervariasi, tergantung tingkat kerusakannya.

"Waktu estimasi pekerjaan, untuk kerusakan ringan jika 1 sampai 3 panel 2 hari selesai, kerusakan medium 6 sampai 8 panel kisarannya 6 hari selesai, kalau all body bisa 12 hari sementara kerusakan heavy bisa 3 bulanan," jelas Sarjono.

"Tapi waktu estimasi bisa lebih cepat tinggal bergantung dari tingkat kesulitannya," tuturnya.

Untuk proses pengecatan bodi, Jasmin Motor juga memakai produk cat berkualitas premium dari Belgia.

"Pengecatan untuk semua merek mobil itu sama, kami pakai satu merek cat premium yaitu Axalta Cromax dari Belgia. Proses pengecatan di bengkel kami juga memiliki standar seperti mobil baru dari pabrikan dengan ketebalan cat 80 micron," sebutnya kepada GridOto.com.

Baca Juga: Bermula Bengkel Body Repair, Kini Hasilkan Modif Keren Dan Unik

Ruang pengecatan bodi di Jasmin Motor
Selain itu, pengamplasan bodi di Jasmin Motor juga telah memakai teknologi dry sanding.

"Pemakaian dry sanding bertujuan menghindari korosi atau pengeroposan di dalam bodi. Jadi kalau pengamplasan yang masih pakai air dan sabun, jika air terjebak di pelat bodi setelah dicat bisa menyebabkan bodi karat, selain itu proses ini juga lebih cepat," terang Sarjono.

"Pengamplasan dry sanding ini juga sudah memakai mesin, karena kalau konvensional hasilnya gak stabil dan kurang efisien," tambahnya.

Masalah harga, Sarjono mematok biaya body repair berada di kelas menengah dengan standarisasi authorized dealer.

"Semua fasilitas body repair di bengkel resmi itu kami punya, namun kami berani memberikan garansi lebih lama dari bengkel resmi pabrikan yaitu 1 tahun. Kalau authorized dealer itu 6 bulan," ucap Sarjono.

Baca Juga: Intip Proses Kerja Bengkel Cat dan Bodi Mitsubishi

"Untuk biaya body repair, kami ada di tengah-tengah antara bengkel konvensional dengan bengkel resmi pabrikan. Jadi perbandingannya jika di pabrikan Rp 1 juta di kami Rp 700 ribuan," lanjutnya.

Sarjono menambahkan biaya perbaikan bodi dipatok dari ukuran kendaraan yang dibagi beberapa kategori.

"Kategori perbaikan bodi, mulai dari mobil kecil atau small seperti LCGC atau city car, lalu medium seperi Xpander, large untuk mobil SUV dan premium untuk mobil seperti Alphard dan sekelasnya," beber pria yang dulu bekerja di bengkel body repair resmi Nissan tersebut.

"Selain itu juga dihitung per-panelnya, buat body repair untuk kategori small mulai dari Rp 650 ribu, medium sekitar Rp 750 ribu. Untuk pengecatan mobil small per-panel start dari Rp 130 ribu, kalau mobilnya medium sekitar Rp 160 ribuan atau dikalikan satu seperempatnya," tutup Sarjono.

Bengkel spesialis Nissan dan body repair Jasmin Motor di Bekasi