Pemilik Mobil Bersiap, Kebijakan Ganjil-Genap Diperluas ke GT Karawaci 2 dan 4, Uji Coba Mulai 7 Mei

Irsyaad Wijaya - Selasa, 1 Mei 2018 | 11:20 WIB

Pemberlakuan ganjil-genap, pajak kendaraan dikembalikan setengahnya usul akademisi (Irsyaad Wijaya - )

Otomania.com - Kebijakan ganjil-genap yang sudah diberlakukan dibeberapa ruas tol, rencananya akan diperluas ke gerbang tol Karawaci 2 dan 4.

Nantinya, masa uji coba ini akan diberlakukan mulai 7- 11 Mei 2018.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menyebutkan perluasan ini dilakukan untuk lebih memaksimalkan lalu lintas di ruas jalan tol Tangerang-Jakarta.

"Uji coba skema ganjil genap di Pintu TOI Kunciran 2 ataupun Tangerang 2 sudah memberikan dampak positif, namun kita ingin mendorong agar antrian semakin berkurang dan kecepatan bertambah," kata Bambang melalui keterangan resmi BPTJ di Jakarta, Senin (30/4/2018).

(BACA JUGA: Ulasan Lengkap Peugeot 3008, Bedah Profil, Mesin dan Fitur SUV Prancis Berdesain Unik)

Menurut Bambang selama uji coba 2 pekan panjang atrian yang terjadi selama waktu pemberlakukan kebijakan di ruas tol Tangerang -Jakarta (Senin- Jum'at pukul 06.00 — 09.00 WIB) berkurang hingga separuhnya.

"Data yang kami peroleh dari Jasa Marga menyebutkan panjang atrian kendaraan berkurang dari semula 18 km menjadi 8 km," kata Bambang.

Untuk diketahui, kebijakan ini masih menjadi bagian paket kebijakan penanganan kemacetan di TOL Janger (Jakarta-Tangerang)