Mudik 2018, Tol Batang-Semarang Siap Beroperasi Secara Fungsional

Irsyaad Wijaya - Jumat, 6 April 2018 | 13:45 WIB

PT JSB kebut pembangunan Konstruksi Jalan Tol Batang-Semarang (Irsyaad Wijaya - )

Otomania.com — Program pembangunan infrastruktur jalan tol oleh pemerintah mulai terlihat hasilnya. Harapannya, saat mudik Lebaran 2018 sudah bisa digunakan untuk perjalanan pulang kampung, salah satunya ruas tol Batang-Semarang.

Tol Batang-Semarang rencananya akan dibuka secara fungsional saat musim mudik Lebaran 2018. Pembangunannya sudah lebih dari separuh, yakni sekitar 74,78 persen. Sedangkan pembebasan lahan sudah 98,17 persen.

“Jalur mudik fungsional di Tol Batang-Semarang tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya karena tahun lalu Jalan Tol Batang-Semarang masih berdebu,” ucap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Kamis (5/4/2018).

Pembangunan ini dikawal oleh PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Arie Irianto, Direktur Utama PT JSB mengatakan bahwa tol Batang-Semarang dalam waktu dekat bisa dilakukan uji kelaikan.

(BACA JUGA: Perkembangan Proyek Tol Semarang-Batang, Sudah Hampir 70 Persen)

Harapannya sudah bisa full beroperasi pada 2018 ini. Jalan tol sepanjang 75 Km ini terbagi dalam 5 sesi Gerbang Tol (GT), yakni GT Tulis (Batang-Batang Timur sejauh 3,20 KM), GT Weleri (Batang Timur-Weleri sejauh 36,35 KM), GT Kendal (Weleri-Kendal sejauh 11,05 KM), GT Kaliwungu (Kendal-Kaliwungu sejauh 13,50 KM), GT Kaliangkung (Kaliwungu-Krapyak sejauh 10,10 KM).