Benarkah Bengkel Ketok Magic Pakai Ilmu Sihir?

Irsyaad Wijaya - Rabu, 4 April 2018 | 08:53 WIB

Bengkel ketok magic (Irsyaad Wijaya - )

Otomania.com - Hingga sekarang pun masih banyak yang bertanya alasan selalu tertutupnya pintu bengkel ketok magic. Lalu apa latar belakang hal tersebut? Benarkah mereka memakai ilmu sihir?

Sejarah sedikit, istilah bengkel ketok magic sendiri mulai muncul sekitar tahun 1970-an di Jakarta dan akhirnya merambah ke seluruh daerah. 

Sahri, pemilik bengkel ketok magic Turangga yang ada di daerah Pondok Kelapa, Jakarta Timur, mengatakan metode ini aslinya berasal dari Blitar, Jawa Timur.

"Kalau di Blitar dan beberapa daerah di Pulau Jawa dinamakan kenteng teter atau ketuk teter," ujar Sahri saat ditemui Selasa (3/4/2018), di tempat kerjanya.

Antonio Beniah Hotbonar
Peralatan Ketok Magic

Mengenal istilah teter sedikit aslinya adalah lempeng besi yang fungsinya penahan ketukan dari depan pelat mobil. "Kalau di Jakarta kita pasang nama Kenteng Teter tidak ada yang tahu, makanya biasanya pakai nama ketok magic," ujar pria yang sudah buka bengkel ketok magic sejak 1986 ini.

(BACA JUGA: Rawat Karet Bodi Mobil Dengan Teknik Ini Agar Awet dan Kenyal)

Jadi menjawab isu jika ketok magic gunakan ilmu sihir tidaklah benar. Karena nama ketok magic hanyalah istilah sebagai alat promosi ke masyarakat.

"Perbaikannya hanya dilakukan dengan metode ketok menggunakan peralatan khusus ini saja," terang Sahri.