Toyota Anggap Xpander Tundukkan Avanza Karena Sedang Euforia

Fedrick Wahyu - Jumat, 30 Maret 2018 | 17:29 WIB

Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Selama 14 tahun mengaspal di jalanan Indonesia, Toyota Avanza begitu kuat merajai segmen low MPV, bahkan menjadi mobil terlaris saat ini. Tapi, dominasi itu harus diserahkan ke Mitsubishi Xpander.

Xpander mampu mencuri minat konsumen Tanah air hanya dalam beberapa bulan hingga wholesales-nya sudah melampaui Avanza. Sementara itu Avanza belum terpantau menyiapkan strategi baru.

Budi Antony, Operation Manager Astrido, dealer resmi Toyota, mengungkapkan kalau konsumen mereka berharap Avanza mendapat perubahan total. Hal itu bisa menjadi senjata Avanza untuk merebut kembali gelarnya.

(BACA JUGA: Toyota Indonesia Tak Tertarik Ubah Avanza Jadi Macam LSUV)

“Tentu total change seperti Rush seperti yang diinginkan konsumen. Memang secara keseluruhan berubah. Hampir semua seperti itu (keinginan konsumen), kalau Avanza keluar baru seperti Rush, Avanza pasti nomor satu lagi,” ucap Budi, Kamis (29/3/2018).

Namun, Budi masih yakin dengan Avanza bakal naik ke puncak lagi, meski saat ini sedang lesu. Ia sempat menceritakan kalau hal ini pernah terjadi sebelumnya, meski diserang oleh LMPV merek lain, Avanza masih tetap kuat.

“Tapi biasa, sejak mulai Ertiga muncul, selalu Avanza terkena sedikit, habis itu naik lagi kembali ke nomor satu. Lalu Mobilio datang, dan kami mengalami hal yang sama. Jadi kejadian ini persis seperti waktu Ertiga, Mobilio dan sekarang terulang di Xpander. Biasanya begitu kondisinya. Itu beberapa bulan saja, euforia produk baru,” kata Budi.