Awas, Hal Sepele Ini Bisa Jadi Bencana Buat Pintu Geser Mobil

Fedrick Wahyu - Senin, 26 Maret 2018 | 14:30 WIB

Cara merawat pintu geser mobil (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Pintu geser (sliding door) pada mobil-mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) cukup populer di masyarakat Indonesia. Beberapa MPV low-medium yang menggunakan pintu geser itu adalah Honda Freed, Toyota Sienta, Nissan Serena, dan Mazda Biante.

Pintu geser sendiri ada dua jenis, yaitu elektris dan manual. Namun, terkadang pintu geser ini bermasalah dan penyebabnya cuma hal sepele. Paling sering terjadi adalah pintu geser elektris dibuka atau ditutup secara manual.

(BACA JUGA: Ini Alasan Mobil Juga Perlu Diajak Ngebut Sesekali Waktu)

Hal ini bisa merusak tali sling penarik pintu atau motor elektriknya. Sling ini bisa menjadi kendur bahkan keluar dari relnya.

Rel yang jarang dibersihkan pun juga bisa merusak sliding door. Kotoran-kotaran itu akan menumpuk di sepanjang rel dan menghambat kinerja motor elektrik.

Untuk meminimalisir kerusakan pada sliding door, sebaiknya selalu bersihkan dan beri pelumas secara berkala pada bearing dan rel pintu.

Pemakaian pelumasnya pun jangan terlalu banyak, sebab jika terlalu banyak justru akan banyak kotoran yang menempel dan akhirnya pintu malah bermasalah.