Transmisi CVT Datsun Go Cross Ternyata Lebih Canggih

Irsyaad Wijaya - Selasa, 20 Maret 2018 | 07:45 WIB

Datsun cross (Irsyaad Wijaya - )

Otomania.com – Transmisi baru tipe CVT yang ditanamkan pada crossover Datsun, yakni Go Cross diklaim baru. Hal itu karena sudah terpasang susunan sub planetary gear yang bisa memperlebar rasio kerja girboks.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Nobuyuki Kawai, Chief Vehicle Engineer Datsun Business unit, Nissan Motor Co Ltd, yang berikan perumpamaan, seperti gear depan dan belakang sebuah sepeda kayuh yang menyerupai kedua pulley di sistem CVT.

kompas.com
Transmisi CVT Datsun Go Cross punya sub planetary gear

Gambarannya seperti ini, sepeda yang punya satu roda gigi di depan dan lima roda gigi di belakang. Dengan itu, bisa diatur dan punya 5-percepatan, dipilih sesuai dengan kondisi jalan, jika menanjak dikurangi ke gigi pertama dan selanjutnya.

Pun sama dengan sub planetary gear berupa komponen tambahan pada roda gigi depan, jadi jumlahnya ada dua. Jika dipadukan dengan 5 gigi belakang, sepeda jadi bertambah kecepatannya yakni 10-percepatan.

(BACA JUGA: Akankah Datsun Cross Dijejali Mesin Berkapaitas 1.600 cc?)

“Jadi lebih luas, rasionya bisa sangat rendah atau sangat tinggi. Cakupan gigi jadi lebih luas, seperti sepeda,” jelasnya.

kompas.com
perbandinga rasio transmisi CVT Datsun Cross

Transmisi CVT yang ada di Datsun Go Cross miliki perbandingan Rasio 7,3:1 ini racikan terbaik untuk girboks matik. Model preium transmisi A/T 8-percepatan dipilih dengan perbandingan rasio 7,1:1.

Tipe CVT yang ada di Datsun Go Cross persis dengan yang disematkan pada Nissan March terbaru yang belum rilis di Indonesia.