Zaman Sudah Cakram, Bus dan Truk Malah Pilih Rem Tromol

Fedrick Wahyu - Jumat, 16 Maret 2018 | 09:30 WIB

Axor 2528 R, truk terbaru Mercedes-Benz (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Penggunaan rem cakram pada mobil saat ini seperti menjadi suatu keharusan. Tapi hal itu tak berlaku bagi truk dan bus.

Meski ada yang memakai sistem rem cakram yang bernama air disc brake, masih banyak truk dan bus justru mempertahankan rem tromol pada seluruh rodanya.

Padahal berat bawaan truk berat kenapa malah tromol yang dipakai? Ternyata alasannya tromol saat ini nggak kalah hebat sama cakram

"Truk masih banyak yang pakai rem tromol, karena perbedaan performa pengereman rem tromol dan cakram tidak lagi sejauh dulu," ujar Jim Reis, Vice President of Stemco Brake Products seperti dikutip dari American Trucker.

(BACA JUGA: Muncul Lagi Nama Bayi Terinspirasi Mobil,)

Teknologi pada rem tromol S-Cam yang saat ini sering dipakai, punya performa hampir sebaik rem cakram air disc brake. Selain itu ongkos produksi rem tromol juga lebih murah dibanding rem cakram. Perawatan pun juga lebih mudah.

Tapi, rem cakram juga punya keunggulan sendiri, yakni lebih konsisten saat pengereman. Karena rotor dan kaliper terekspos udara sehingga lebih dingin. Soal masa pakai, rem cakram juga lebih unggul dibanding tromol, jadi tak perlu sering-sering ganti kampas rem.