Uji Beban Jalan Layang, Jasa Marga Pakai 15 Truk Total Berat 400 Ton

Fedrick Wahyu - Senin, 5 Maret 2018 | 17:15 WIB

Proyek BORR Seksi II B lulus uji beban (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Proyek jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi II B (Kedung Badak-Simpang Yasmin) resmi lulus uji beban sebagai jalan layang tol. Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication PT Jasamarga, mengatakan bahwa pengujiannya menggunakan metode beban dinamis frekuensi resonansi akibat impact.

"Kami menguji beban statis loading-unloading maksimum 400 ton dengan menggunakan 15 truk kapasitas masing-masing truk antara 25-30 ton," kata Dwimawan melalui keterangan resmi Jasa Marga di Jakarta, Senin (5/3/2018).

Titik pengujiannya pada bentang yang berupa tanjakan dan super elevasi, yakni di Pier 31-32. Truk diparkir berjajar pada titik tertinggi, untuk memusatkan bobotnya di satu titik terlemah.

(BACA JUGA: Kebangetan, Pengendara Moge Tak Pakai Helm, Nekat Terobos Pintu Tol)

BORR Seksi II B sendiri merupakan proyek sepanjang 2,65 km, dan jalan ini adalah yang pertama kali mendapat uji beban jembatan di lingkungan Jasa Marga untuk jalan layang atau jembatan tol.

Setelah ini, akan dilakukan uji kelayakan operasi yang rencananya dilaksanakan akhir Maret 2018. Rencananya pengoperasian jalan tol BORR Seksi II B (Kedung Badak-Simpang Yasmin) mulai minggu ke-2 bulan April 2018.