Mengenal Balapan Berboncengan, Kayak Pacaran

Fedrick Wahyu - Rabu, 28 Februari 2018 | 16:38 WIB

Kelas Sidecar di Isle of Man TT (Fedrick Wahyu - )

 

Otomania.com - Mari kita buka wawasan. Balapan bukan cuma MotoGP, Superbike, atau F1. Pernahkah Anda mendengar balap Sidecar? Balapan ini ditunggangi dua pebalap sekaligus, kayak orang pacaran.

Pebalap pertama bertugas mengemudikan motor, sang boncenger punya tugas menyeimbangkan dan membantu saat motor mau berbelok alias bermanuver.

Meski kelihatannya sepele, peran pebalap penyeimbang sangatlah penting, karena Sidecar punya tiga roda yang reaksinya berbeda dibandingkan motor biasa saat menikung.

(BACA JUGA: Ini Sebab Ingar-bingar Balap Superbike Tak Semeriah MotoGP)

Rider penyeimbang akan memosisikan diri sedalam mungkin ke arah tikungan guna meningkatkan gaya sentripetal saat motor menikung. Bahkan, demi bisa menikung setajam mungkin, para rider penyeimbang ini rela melakukan tindakan yang terbilang ekstrem.

Thoughtvoid.com
Balap Sidecar

Kejuaran-kejuaraan yang melombakan kelas Sidecar antara lain, Isle of Man TT, Oliver’s Mount, dan Scarborough Auto 66 Racing.

Balap Sidecar di Isle of Man TT hanya memperbolehkan pakai mesin 501 - 600 cc, 4-tak, 4 silinder dan harus dari motor produksi massal.

Nih, aksi ekstrem para pebalap Sidecar.