Yamaha Byson Cuma Terkirim 2 Unit Sebulan, Pertanda Apakah Ini?

Fedrick Wahyu - Selasa, 20 Februari 2018 | 08:20 WIB

Yamaha Al New Byson FI (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Yamaha termasuk sebagai salah satu produsen motor naked sport yang laris manis di pasaran. Produk-produknya seperti duo V-Ixion series, Xabre, Byson, sampai sekelas R25 dan MT-25 cukup familier di kalangan biker Indonesia.

Meskipun banyak amunisi, nyatanya tak semua motor itu diminati atau laku di pasaran. Ada salah satu model yang sudah mulai ngos-ngosan, yakni Byson. Siklus hidupnya memang sudah harus berubah untuk lebih bersaing lagi.

Byson FI sendiri adalah generasi kedua Yamaha Byson yang pertama kali hadir di Indonesia tahun 2010 silam.

(BACA JUGA: Yamaha Benarkan R25 Siap Tampil Baru Tahun Ini)

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Yamaha Byson FI hanya didistribusi dua unit saja, selama Januari 2018. Tentu saja itu angka yang sangat amat kecil untuk motor pabrikan Yamaha.

Tapi masalahnya, rival Yamaha Byson Fi, yakni Honda MegaPro Fi melesat meninggalkan Byson Fi dengan penjualan 204 unit bulan lalu, kendati itu pun bukan angka yang memuaskan.

Inikah tanda-tanda Byson tak lagi diproduksi? Atau malah, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyiapkan model baru? Atau lebih jauh lagi, apakah ini tanda awal hilangnya motor sport segmen menengah?

Masih jauh menyimpulkannya, kita harus tunggu sampai akhir bulan ini dari sumber data yang sama. Tapi, ada juga kemungkinan YIMM menyiapkan facelift, menggunakan rem belakang cakram, seperti yang sudah Yamaha India lakukan.

Dari segi harga, Yamaha Byson Fi cukup terjangkau dengan Rp 22,95 juta.