Oli Diesel Marak Dipakai Motor, Ini Jawaban Pertamina

Fedrick Wahyu - Kamis, 1 Februari 2018 | 18:00 WIB

Oli diesel (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Pelumas kendaraan sangat banyak ragamnya dan berbeda-beda, mulai dari bahannya, kekentalannya dan kualitas. Oli mesin pun ada dua jenis untuk diesel dan bensin. Tapi baru-baru ini marak penggunaan oli diesel pada motor.

PT Pertamina Lubricants memberikan tanggapannya mengenai penggunaan oli diesel yang tidak sesuai peruntukannya pada launching buku "Catatan Emas Dunia Balap Indonesia". Ditegaskan bahwa sebenarnya oli diesel itu berfungsi membersihkan mesin.

(BACA JUGA: Biaya Ganti Oli Bentley Mulsane Milik Hotman Paris Senilai Puluhan Juta Rupiah)

"Tapi kita pakai oli enggak cuman memikirkan satu sisinya saja," ujar Andria Nusa, Direktur Marketing and Sales PT Pertamina Lubricants di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan (26/01/18).

"Kita juga harus memikirkan dampak lainnya ketika pakai oli diesel di motor," tambahnya.

Andria Nusa mengimbau pengguna sepeda motor untuk menggunakan oli yang sesuai dengan peruntukannya. "Oli Masing-masing udah punya spesifikasi dan fungsinya," ujar Andria.

Ketika banyak orang yang menggunakan tak sesuai peruntukannya, risiko yang ditanggung pengguna kendaraan akan ditelan sendiri. Salah penggunaan oli pun bisa jadi menggugurkan garansi.