Penemu Mobil Berbahan Bakar Bensin Adalah Pendiri Mercedes-Benz

Fedrick Wahyu - Selasa, 30 Januari 2018 | 09:25 WIB

Replika mobil Karl Benz (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Mobil melaju menggunakan bahan bakar bukan tiba-tiba muncul. Ada penciptanya yang ternyata punya bakcground otomotif sangat kuat. Dia adalah pendiri Mercedes-Benz, yakni Karl Benz.

Karl Benz lahir di Karlsruhe, Jerman pada 25 November 1844, mematenkan mobil berbahan bakar bensin pada tahun 1886, tepatnya tanggal 29 Januari.

Britannica.com
Karl Benz, penemu mesin bensin pertama di dunia

Dia mendapatkan hak paten setelah mengajukan permohonan dan hak paten, lalu bisa  dibilang sebagai akte kelahiran mobil saat ini.

(BACA JUGA: Apakah Ertiga Diesel Tak Keluar Transmisi Otomatis? Ini Jawabannya)

Pada awalnya, Karl Benz menciptakan mobil dengan tiga roda dan bisa manampung dua orang termasuk sopir. Mobil ciptaannya itu hanya menyemburkan tenaga sebesar 0,75 dk dengan mesin 4 silinder.

Meski memiliki tenaga yang kecil, mobil itu sudah dilengkapi dengan slide intake otomatis, katup knalpot yang terkontrol, pengapian vibrator listrik bertegangan tinggi dengan busi, dan pendinginan penguapan air/ pendingin termo.

wikipedia.org
Replika mesin mobil berbahan bakar bensin Karl Benz

Lalu, pada tahun 1893, barulah Perusahaan Benz & Co. sukses menciptakan mobil dengan roda empat untuk pertama kalianya. Tahun 1899 perusahaan milik Karl Benz sudah mampu menghasilkan mobil balap pertamanya.

Kemudian Benz & Co. bergabung dengan Daimler-Motoren-Gesellschaft pada tahun 1926. Nama perusahaannya pun berubah menjadi Daimler-Benz. Daimler-Benz merupakan cikal bakal terbentuknya salah satu perusahaan mobil terbesar di dunia, yakni Mercedes-Benz.