Modifikasi Supermoto, Kuncinya Ban dan Pelek

Fedrick Wahyu - Kamis, 18 Januari 2018 | 09:05 WIB

Ilustrasi Modifikasi Supermoto (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Salah satu aliran modifikasi motor yang saat ini mulai bermunculan adalah supermoto. Modifikasinya cukup mudah, fokus menonjolkan ubahan sektor kaki-kaki, seperti suspensi, pelek, dan ban.

Sementara itu, bagian yang paling bisa dilihat dari modifikasi supermoto adalah penggunaan ban on-road dan pelek lebar. Meski begitu, saat memilih pelek dan ban agar mendapat aura kuat aliran supermoto, perlu memperhatikan proporsinya.

(BACA JUGA: Yamaha NMAX Pakai Pelek Mobil? Ada Nih!)

Hilman Novayanto dari Abah custom, Kalisari, Jakarta Timur, mengatakan bahwa ukuran ban dan pelek untuk modifikasi supermoto harus pas.

"Kalau sesuai regulasi balap, lebar pelek belakang tidak boleh lebih 3,5 inci dan depan biasanya yang bagus 2,75 inci," ucap Hilman, (16/1/2018).

Untuk ukuran lebar ban pun juga tidak terlalu lebar agar motor bisa lincah dilintasan. Saran dari Hilman, ukuran lebar ban depan 110, sedangkan di belakang 130.

(BACA JUGA: Cara Hilangkan Warna Kusam Motor Jadul Tanpa Cat Ulang)

Jika menggunakan ukuran ban yang lebih besar dari 130 masih bisa namun perlu mempertimbangkan swing arm atau lengan ayun.

"Pakai ukuran ban diatas 130 bisa, tapi perhatikan mentok swing arm apa enggak, kalau sudah ganti swing arm sih aman saja," ucap Hilman.