Vespa Balap ya Begini! 17 Rekor Sudah Dicetaknya

Fedrick Wahyu - Selasa, 26 Desember 2017 | 13:59 WIB

Vespa Monthlery (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Vespa memang unik, tapi adda yang jauh lebih unik. Namanya Vespa Monthlery, modelnya aerodinamis karena dibuat khusus untuk kecepatan tinggi.

Ada yang bilang modelnya seperti peluru karena sekujur bodinya menggunakan fairing. Basisnya adalah Vespa 125 "Alloy Frame" yang dirancang ulang.

(BACA JUGA: Vespa yang Dikawinkan dengan Motor Jepang)

Vespa super kencang ini muncul pada 1950 dan dibuat spesial untuk menandingi Lambretta Innocenti Special Model yang saat itu memegang 13 rekor dunia di jalanan Roma-Ostia.

Chuck Pefley/italianways.com
Bentuknya dirancang aerodinamis banget Sob!

Motor ini didesain oleh Vittorio Cassini dan ditunggangi oleh trio Mazzoncini, Spadoni, dan Castiglioni. Tanpa butuh waktu lama, Vespa Monthlery ini pun langsung melampaui rekor Lambretta dan mencetak 17 rekor baru.

Digeber selama 10 jam di Sirkuit Monthlery oleh tiga joki tersebut, rekor yang dipecahkan antara lain kecepatan rata-rata 134 kpj dengan jarak tempuh 160 km, 129,7 kpj pada jarak tempuh 800 kpj, dan kecepatan rata-rata 123,9 kpj selama 1.600 km non-stop.

italianways.com
Jokinya aja mesti tiarap buat mengendalikan Vespa ini

Rekor tersebut sama seperti jarak Jakarta-Bali dengan full speed. Selain itu, dalam adu balap di Sirkuit Genoa, Vespa Monthlery juga berhasil mengalahkan rival utamanya yaitu Lambretta.

Vespa ini tidak diproduksi untuk massal, karena tujuan awalnya memang untuk memecahkan rekor. Tapi Vespa Monthlery ini bisa jadi inspirasi untuk memodifikasi Vespa kalian.