Kloningan Yamaha NMAX di Perancis, Bodi dan Jerohan Sama

Donny Apriliananda - Jumat, 22 Desember 2017 | 15:16 WIB

MBK Ocito yang identik dengan Yamaha NMAX (Donny Apriliananda - )

Otomania.com - Yamaha NMAX yang diproduksi di Pulogadung, Jakarta Timur, tak hanya jago kandang. Popularitasnya sampai Eropa. Bahkan di Perancis, ada sepeda motor yang sama persis dengan NMAX, dari "ujung kepala sampai jerohan", diberi nama MBK Ocito.

Tapi tenang, ini bukan aksi plagiarisme. MBK adalah anak perusahaan Yamaha Motor Company, khusus untuk memenuhi kebutuhan orang Perancis dan Eropa secara umum. Karena NMAX populer, maka MBK pun melakukan kloning.

Menariknya, antara MBK Ocito dan Yamaha NMAX sendri berjalanan beriringan di Perancis. Yamaha tetap jualan NMAX, sedangkan MBK tetap dengan Ocito-nya. Hal tersebut bisa dibuktikan dari website resmi dari masing-masing merek yang bisa diakses.

Baca Juga: Beda Antara Ibu-ibu dan Bapak-bapak Saat Memilih Mobil

mbk.fr
Emblem Ocito pada side body
Sama Persis
Soal tampang, jangan ditanya, karena Ocito benar-benar kembaran NMAX. Yang membedakan hanya pada emblem yang berada pada bodi samping, serta emblem lambang dari perusahaan masing-masing.

Mesin pun plek, tapi khusus di Eropa menggunakan kubikasi 125 cc. Tenaganya bisa mencapai 12 tk dan torsi 11,7 Nm. Fitur-fitur pendukung juga disinyalir sama.