Intip Mobil Listrik ITS yang Digunakan Jokowi di Tol Sumo

Fedrick Wahyu - Selasa, 19 Desember 2017 | 17:27 WIB

Mobil listrik yang disiapkan untuk rencananya dinaiki Presiden Jokowi saat menjajal Tol Surabaya-Moj (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Tol Sumo (Surabaya-Mojokerto), Selasa (19/12/2017), diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Menariknya, Jokowi mencoba ruas tol baru itu menggunakan mobil listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Mobil berwarna merah itu diketahui merupakan mobil listrik seri Ezzy ITS II, pengembangan dari Ezzy ITS I dengan kemampuan cukup baik.

Mobil itu sengaja diberi pelat nomor RI 1, berjenis hatchback dan mampu membawa empat penumpang termasuk sopir. Mobil ini ditenagai baterai yang berkapasitas 20 KWh.

Ezzy ITS II menempuh jarak sampai 130 km dalam sekali charge. Mengisi baterai dari kosong sampai penuh butuh waktu 8 jam.

molina.its.ac.id
Mobil listrik karya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Ezzy ITS II

(BACA JUGA: Presiden Jokowi Instruksikan Kebut Perpres Kendaraan Listrik)

Jika dibandingkan dengan pendahulunya Ezzy ITS I yang cuma mampu menempuh jarak 25 km, bisa dibilang Ezzy ITS II sudah mengalami banyak peningkatan.

Dari segi kecepatan pun juga sudah lebih kencang. Ezzy ITS I hanya mampu mencapai kecepatan tertinggi yaitu 50 kpj, sedangkan Ezzy ITS II yang digunakan Presiden Jokowi bisa mencapai top speed 180 kpj.