Selain Tenaga Kuda, Sudah Tahu Tenaga Unta?

Fedrick Wahyu - Selasa, 12 Desember 2017 | 15:37 WIB

Proses penelitian menghitung Camel Power (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Nissan sempat membuat inovasi baru dalam dunia mobil, namun hanya segelintir orang yang tahu yakni Camel Power (tenaga unta). Ukuran ini dipakai sebagai pengganti horse power (HP) atau tenaga kuda yang selama ini kita tahu.

Apa sebenarnya Camel Power (CP)? Ini adalah formula yang diyakini dapat mengukur tenaga kendaraan di padang pasir secara lebih akurat. Sebenarnya sama artinya dengan HP, namun ada sedikit perbedaan.

CP benar-benar digunakan untuk kendaraan yang melaju di padang pasir atau gurun, sedangkan HP buat kendaraan yang melesat di jalanan atau aspal.

(BACA JUGA: Rahasia Nissan Grand Livina Irit Bensin)

Hal ini dilakukan Nissan karena ingin memberikan solusi atas bagaimana mengukur kemampuan off-road kendaraan SUV di daerah gurun.

wallpaper.imcphoto.net
Nissan Patrol seri Y

Dalam perhitungan CP banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti berat kendaraan, kecepatannya ke arah tertentu, dan lintasan yang dilaluinya saat bergerak.

Faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi termasuk manuver, torsi mesin, dan tentu saja keterampilan mengemudi.

Nissan pun berhasil menciptakan rumus untuk menghitung Camel Power:
Camel Power (CP) = velocity (kecepatan benda ke arah tertentu) x weight (berat benda) x sin (trajectory) (lintasan benda yang bergerak dengan tenaga)

(BACA JUGA: Nissan Yakini Mobil Listriknya Bakal Sukses di Indonesia)

Rumus yang mereka ciptakan ini disampaikan Nissan Timur Tengah kepada badan pemerintah terkait, yaitu ESMA (Emirates Authority for Standardization and Metrology), dan diterima dengan baik sebagai ide satuan pengukuran baru.